Hoaks Masih Beredar Usai Laga Bahrain Vs Timnas Indonesia, Simak Daftarnya

Laga Bahrain kontra Timnas Indonesia yang digelar 10 Oktober 2024 lalu ternyata diwarnai sejumlah hoaks.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 20 Okt 2024, 18:00 WIB
Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Laga Bahrain kontra Timnas Indonesia yang digelar 10 Oktober 2024 lalu ternyata diwarnai sejumlah hoaks. Hal ini menyusul kekecewaan pendukung Timnas Indonesia pada wasit dalam laga yang berakhir imbang 2-2 tersebut.

Lalu apa saja hoaks tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Satir Pesan Berantai FiFA Nyatakan Bahrain Kalah WO dari Timnas Indonesia karena Wasit Curang

Beredar di media sosial postingan pesan berantai Bahrain dinyatakan kalah WO dari Timnas Indonesia oleh FIFA. Postingan itu beredar sejak awal pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Oktober 2024.

Berikut isi postingannya:

"Kabar gembira...?BAHRAIN dinyatakan Kalah WO oleh FIFA?

Paris - Harian tidak ternama spanyol melaporkan. Pasca laga kualifikasi piala dunia penuh kontroversi yg melibatkan Tuan Rumah Bahrain vs Indonesia yg berkesudahan imbang, Ketua PSSI menyampaikan Nota keberatan dan sikap protes akan hasil akhir yg merugikan skuad Garuda.

Dalam laga tersebut, ditemukan berbagai macam kejanggalan dan keanehan yg berujung adanya sebuah Goal diluar Waktu resmi yg tertera yg berujung pada kegagalan Skuad Sin Tae Yong meraih kemenangan perdana dia kualifikasi round 3. Disamping itu juga sang pengadil juga kerap menjadi sorotan di laga tersebut.

Dan setelah melalui rapat internal FIFA yg berakhir siang tadi, badan Sepakbola tertinggi tersebut memutuskan BAHRAIN Dinyatakan Kalah WO dan Indonesia mendapatkan kemenangan 3 - 0 yg secara otomatis menempatkan Indonesia di peringkat 2 klasemen sementara dg point 5 di bawah Jepang.

Sementara sang pengadil akan mendapatkan hukuman larangan memimpin pertandingan 7 turunan.

Contoh tugas mengarang bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Hiburan sejenak hehhehe ??????"

Lalu benarkah postingan pesan berantai Bahrain dinyatakan kalah WO dari Timnas Indonesia oleh FIFA? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Cristiano Ronaldo Singgung Kepemimpinan Wasit Bahrain Vs Indonesia

Sebuah video yang diklaim bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo menyinggung kepemimpinan wasit saat laga Bahrain vs Indonesia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada Oktober 2024.

Dalam video tersebut, Ronaldo terlihat sedang menjawab pertanyaan dalam suatu acara. Narator dalam video tersebut mengklaim bahwa Ronaldo kecewa dengan keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia.

"Ronaldo dengan tegas menyebut bahwa keputusan wasit Ahmed Al Kaf merupakan aib bagi sepak bola. Menurutnya wasit seharusnya mematuhi peraturan dan memberikan waktu tambahan secara adil tanpa memperpanjang pertandingan tanpa alasan yang jelas. Apa yang diperlihatkan wasit malam itu benar-benar merugikan. Apalagi saat turnamen sebesar kualifikasi piala dunia ungkap Ronaldo," kata narator dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat dua komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo menyinggung kepemimpinan wasit saat laga Bahrain vs Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Video Pidato Presiden FIFA Berikan Kemenangan Bagi Timnas Indonesia atas Bahrain

Beredar di media sosial postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Oktober 2024.

Dalam postingannya terdapat video Infantino berbicara dengan Bahasa Inggris dengan teks terjemahan sebagai berikut:

"Keputusan menambahkan waktu injury time setelah melewati sangat merugikan Timnas Indonesia. Kepada para pecinta sepak bola dan dengan ini pertandingan tersebut tidaklah sah. Dan pertandingan tersebut apakah harus diulang atau tidak dengan ini FIFA memutuskan selanjutnya poin sepenuhnya akan diberikan"

Postingan video itu juga dilengkapi tabel klasemen dengan Indonesia berada di posisi kedua di bawah Jepang.

Akun itu menambahkan narasi "Semoga beritanya benar #garudaindonesia#garudadidadaku #menyalasemangatku"

Lalu benarkah postingan video Presiden FIFA Gianni Infantino berpidato memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia atas Bahrain? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya