Ganjar dan Mahfud Md Tidak Hadir di Acara Pelantikan Prabowo - Gibran

Tidak tampak sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Kompleks Parlemen. Belum ada konfirmasi dari pihak Ganjar terkait alasan dia tidak hadir memenuhi undangan. Sementara Mahfud batak hadir karena menjenguk ibunya.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 20 Okt 2024, 09:51 WIB
Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat menghadiri sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 (PHPU Presiden) di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (27/3/2024). (Merdeka).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md absen dalam acara pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).  

Pantauan Liputan6.com, hingga pukul 9.45 WIB tidak tampak Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Kompleks Parlemen. Belum ada konfirmasi dari pihak Ganjar terkait alasan dia tidak hadir memenuhi undangan. 

Sementara, untuk Mahfud Md telah memberika keterangan dirinya batal hadir karena harus menjenguk ibunya.  

Mantan cawapres nomor urut 3 pada Pilpres 2024 itu harus terbang ke Surabaya, Jawa Timur. 

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri pelantikan presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya. Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," demikian tulis Mahfud MD di akun media sosial X miliknya, dikutip Minggu.

 


Respons Ganjar Terkait Pelantikan Prabowo-Gibran

Jelang dilantik sebagai Presiden ke-8 RI, Prabowo unggah sejumlah potret bersama para Presiden RI terdahulu di medsos dari era Soeharto hingga Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Mantan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebelumnya juga merespons terkait undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan dijadwalkan di kompleks Senayan, Minggu 20 Oktober 2024. Ganjar Pranowo menyatakan, berencana hadiri pelantikan. Namun, kehadiran tergantung pada instruksi dari partai.

"Sudah (terima undangan). Rencana datang, kecuali nanti ada perintah dari partai," kata dia di Universitas Indonesia, Jumat (18/10/2024).

 


Sibuk Agenda Pilkada

Ganjar mengatakan, seluruh kader PDI Perjuangan saat ini tengah disibukkan dengan agenda Pilkada serentak. Karena itu, ia belum dapat memastikan kehadirannya di acara pelantikan presiden.

"Karena sekarang kami lagi standby semua untuk Pilkada ya, karena kami menyiapkan, kalau nanti ada perintah, nanti kami akan berbagi," ujar dia.

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya