Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Harapan Menlu Inggris David Lammy MP

Kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy MP ke Indonesia bertepatan dengan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik RI-Inggris.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 20 Okt 2024, 11:05 WIB
Menteri Luar Negeri Inggris untuk Urusan Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan David Lammy MP (Dok. AFP).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Inggris untuk Urusan Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan David Lammy MP menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

"Merupakan suatu kehormatan datang ke Jakarta untuk mewakili Inggris Raya pada pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka," kata David Lammy MP, demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Liputan6.com pada Minggu (20/10).

"Indonesia adalah pemain kunci dalam perjuangan kita untuk mengatasi krisis iklim dan pemerintahan baru kita bekerja sama untuk membangun Kemitraan Strategis yang menghasilkan pertumbuhan hijau, memperdalam kerja sama kita dalam hal keamanan, dan memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi planet kita."

"Atas nama Inggris, saya mendoakan yang terbaik bagi presiden dan wakil presiden yang baru untuk masa jabatan mereka."

Ini adalah kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Lammy ke Indonesia karena kedua negara menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik mereka tahun ini.

Kedatangannya juga untuk memperkuat kemitraan modern yang akan bekerja untuk mengatasi krisis iklim dan alam sambil menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

 


Dubes Inggris: Kunjungan Menlu David Lammy Tunjukkan Pentingnya Indonesia

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey mengatakan adik Raja Charles III yakni Pangeran Edward akan berkunjung ke Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey mengatakan: "Kunjungan Menteri Luar Negeri David Lammy menunjukkan pentingnya Indonesia bagi Inggris saat kita membuka babak baru dalam hubungan Inggris dengan Indonesia – raksasa G20."

"Indonesia akan memainkan peran kunci dalam masa depan planet kita. Indonesia akan memberikan kontribusi terbesar keempat bagi pertumbuhan global selama lima tahun ke depan, merupakan mitra penting bagi keamanan kita, dan bukan hanya rumah bagi hutan hujan dan hutan bakau yang luas, tetapi juga terumbu karang terbesar di dunia dan tingkat keanekaragaman hayati yang luar biasa."

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, saat kita bekerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, melindungi lingkungan, dan menciptakan planet yang lebih damai bagi rakyat kita. Bersama Kita Bisa."

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya