Bukan Komersial, Jokowi-Iriana Akan Pulang ke Solo Naik Pesawat TNI AU Sore Ini

Jokowi dan Iriana akan diantar Presiden Prabowo Subianto hingga ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sebelum lepas landas ke Solo, Jawa Tengah.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2024, 12:16 WIB
Presiden Jokowi tampak hadir didampingi Ibu Iriana Joko Widodo. Pria kelahiran Solo itu mengenakan setelan jas hitam sebagai saksi untuk Valencia. Sedangkan Prabowo dari pihak Kevin Sanjaya. [Instagram/valenciatanoe]

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana akan pulang ke Solo, Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024) sore.

Jokowi pulang ke Solo usai resmi purna tugas sebagai presiden. Hal ini sekaligus membantah kabar bahwa Jokowi dan Iriana akan menggunakan pesawat komersial untuk pulang ke Solo.

Sebelum ke Solo, Jokowi akan terlebih dahulu menyambut Presiden RI Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta.

"Nanti, nanti beliau akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Minggu (20/10/2024).

Menurut dia, Presiden RI Prabowo Subianto akan ikut mengantar Jokowi ke Halim Perdanakusuma. Para menteri kabinet Indonesia Maju juga akan melepas keberangkatan Jokowi ke Solo di Halim Perdanakusuma.

"Presiden ke-8 (Prabowo) rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim," ujar Hasan.

"Para menteri kabinet Indonesia maju rencana akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," sambung dia.


Prabowo Akan Lepas Jokowi di Bandara Halim

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan ucapan hari ulang tahun kepada Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta (21/6) sore ( Tim Media Prabowo Subianto)

Presiden Prabowo Subianto disebut akan mendampingi Jokowi menuju Bandara Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Selain Prabowo, sejumlah pendukung Jokowi juga direncanakan ikut mengawal.

"Pak Jokowi sekitar jam 02.00 atau jam 03.00 (siang) beliau akan bertolak ke Halim Perdanakusuma. Insya Allah juga akan diantar langsung oleh Bapak Prabowo, dan banyak juga rakyat yang sudah siap mengantarkan Pak Jokowi ke Halim. Baru beliau akan bertolak dari Halim Perdanakusuma ke Solo, kampung halamannya," ujar Bendahara Umum Projo, Panel Barus, di DPP Projo kepada wartawan, Sabtu (19/10/2024).

Panel juga menambahkan bahwa para relawan Projo di Solo siap menyambut kepulangan Jokowi dengan antusiasme tinggi.

"Itu pilihan ribu rakyat udah mau sambut di sana. Ada ekspresi-ekspresi dalam bentuk baliho, spanduk, itu bentuk yang orisinil. Ada rakyat yang keluar gang-gang lambaikan tangan, itu saya pikir ekspresi yang orisinil, bukan dibuat. Jangan dimaknai yang beda untuk solid gitu," klaim Panel Barus.

Panel juga mengungkapkan bahwa Jokowi akan beristirahat di Solo, tetapi belum ada informasi mengenai kegiatan selanjutnya.

"Yang saya dapat kabar, Jokowi akan istirahat di kampung halamannya. Untuk aktivitas selanjutnya belum tahu ya," lanjut Panel.


Pisah Sambut di Istana

Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2024 Joko Widodo (kanan) duduk saat Sidang Paripurna Pelantikan Presiden terpilih di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 20 Oktober 2024. (BAY ISMOYO/AFP)

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menjelaskan bahwa setelah dilantik menjadi Presiden pada Minggu (20/10), Prabowo akan langsung bertolak ke Istana Negara, di mana Jokowi akan menyambutnya sebagai presiden baru.

"Rencananya Pak Prabowo setelah dilantik, besok beliau akan menuju Istana. Kemudian sebelum perjalanan rencananya Pak Jokowi akan mendahului menuju Istana dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," kata Muzani di lobby Gedung Kura-Kura DPR/MPR, Sabtu (19/10).

Setelah acara pisah sambut, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Solo, dan Prabowo dijadwalkan mengadakan gala dinner sekaligus mengumumkan susunan kabinetnya.

"Malamnya baru dinner kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," tambah Muzani. 

Infografis Sederet Tunjangan dan Fasilitas Pensiun Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya