Ada Arak-arakan Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil Sambangi Kawasan Sarinah

Cagub Ridwan Kamil menyambangi kerumunan warga yang menyambut arak-arakan pelantikan pasangan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

oleh Arviola Marchsyalina Syurgandari diperbarui 20 Okt 2024, 12:52 WIB
(Liputan6.com/ Arviola Marchsyalina)

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur (Cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menyambangi kerumunan warga yang menyambut arak-arakan pelantikan pasangan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di kawasan Sarinah, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pantauan Liputan6.com, RK datang pukul 11.00 WIB dengan mengenakan kaos berwarna biru muda dan kacamata hitam. RK menyambut warga dengan menyapa dan tidak sungkan untuk bersalaman.

Antusias warga dapat dirasakan pada kesempatan ini, terlihat hampir seluruh warga menyambut dengan kompak mengenakan kaos bergambar wajah Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo-Gibran yang bertuliskan ‘Terima kasih Pak Jokowi Kawal Prabowo-Gibran’.

Selain itu, ada pula warga yang tampak membagikan kaos yang bergambarkan pasangan cagub Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

Sementara itu, ada penampilan dari kelompok silat yang menampilkan ragam gerak dengan iringan musik tradisional Betawi yaitu Gambang Kromong sebagai sambutan kedatangan Ridwan Kamil.

 

 


Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup Jalan Saat Pelantikan hingga Arak-arakan Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. (BAY ISMOYO/AFP)

Polisi bakal menerapkan sistem buka tutup jalan sekitar kawasan DPR saat acara pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10).

Selain di sekitar DPR, sistem buka tutup jalan juga akan diterapkan sepanjang jalan Sudirman-Thamrin saat arak-arakan menuju Istana Negara.

"Untuk rekayasa Lalu lintas sifatnya situasional apabila terjadi kepadatan dilakukan tutup/buka jalur kendaraan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Sabtu (19/10).

Ade menyebut akan ada pengalihan arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat akan dialihkan ke arah Harmoni apabila terjadi kepadatan lalu lintas. Begitu juga jika terjadi kepadatan lalu lintas di Harmoni, lalu lintas di Patung Kuda akan dialihkan sampai ke Bundaran CSW-Monalisa, Jakarta Selatan.

Sementara itu untuk moda transportasi umum nantinya tetap bisa melintas di jalan Sudirman-Thamrin.

"Untuk moda Transjakarta tetap berjalan," ucap Ade Ary.

Polisi mengimbau masyarakat yang akan melintas di kawasan Senayan, Sudirman-Thamrin untuk menggunakan transportasi umum. Masyarakat yang akan mengikuti pesta rakyat juga dipersilakan datang dengan memakai angkutan umum.

"Apabila masyarakat akan mengunjungi acara pesta rakyat agar menggunakan transportasi umum, karena tidak disediakan kantong-kantong parkir," pungkas Ade.

Sehubungan dengan hal itu juga, kepolisian menyebut kegiatan Car Free Day (CFD) akan ditiadakan sementara. Sebab nantinya lalu lintas di sekitaran CFD akan dipakai untuk melintas Presiden dan Wapres, tamu VIP, maupun VVIP yang setingkat dengan kepala negara.

Kepolisian juga telah mengatur arus lalu lintas di sekitaran DPR selama acara pelantikan berlangsung.

 


Rute Pengalihan Arus

Anggota keamanan gedung parlemen Republik Indonesia berkoordinasi di dekat foto-foto pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jakarta pada 18 Oktober 2024. (BAY ISMOYO/AFP)

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR:

1. Lalu lintas dari arah Timur (Pasar Senen) ke Barat (Arah Tomang) dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Dr. Sutomo-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-Jalan Balikpapan- Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari arah Barat (Tomang) menuju arah Timur (Pasar Senen) dapat melalui Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M Ridwan Rais ke arah Rasuna Said dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambah-Jalan Prof. Dr. Sahardjo dan seterusnya.

5. Lalu lintas dari arah Utara (Tanah Abang) menuju arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

6. Lalu lintas dari arah Barat (Slipi) menuju arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan Slipi I-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

7. Lalu lintas dari arah Barat (Petamburan) menuju arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KS Tubun-Jalan Kebon Jati-Jalan Facrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

8. Lalu lintas dari arah Timur (Manggarai) menuju arah Barat (Palmerah) dapat melalui Jalan Galunggung-Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Penjernihan I-JalanPenjompongan Raya dan seterusnya.

9. Lalu lintas dari arah Barat (Palmerah) menuju arah Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan Tentara Pelajar-Jalan Palmerah Timur-Jalan Penjompongan Raya-Jalan Penjernihan I- Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Galunggung dan seterusnya.

10. Lalu Lintas dari arah Timur (Pancoran) menuju arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

11. Lalu Lintas dari arah Timur (Pancoran) menuju arah Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Terusan HR Rasuna Said atau dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Woltermonginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Panglima Polim dan seterusnya.

12. Lalu lintas dari arah Selatan (Blok M) menuju arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Panglima Polim-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Bendungan Jatiluhur-Jalan Bendungan Hilir- Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.


Prabowo: Kita Harus Berani Akui, Kebocoran Anggaran dan Korupsi Terlalu Banyak

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (BAY ISMOYO/AFP)

Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato pertama di  awal masa jabatan Presiden 2024-2029. Dalam pidatonya, Prabowo mengatakan bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berani. Dia mengulas sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang berani berjuang melawan penjajah.

Prabowo mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini bukan cuma ancaman dari luar. Dia juga mengatakan ada juga tantangan dari dalam negeri.

Prabowo pun mengajak semua pihak berani untuk mawas diri dan menatap realita yang ada. Prabowo menyoroti banyaknya kebocoran dan korupsi yang merugikan negara.

"Saudara-saudara sekalian, kita harus menghadapi kenyataan masih terlalu banyak kebocoran, penyelewengan, korupsi di megara kita. Ini adalah yang membahayakan masa depan kita dan masa depan anak-anak kita dan cucu-cucu kita," kata Prabowo di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024). 

Dia mengatakan semua pihak harus berani mengakui masih banyak kebocoran anggaran. Dia mengatakan hal itu harus diperbaiki demi masa depan bangsa.

"Kita harus berani mengakui terlalu banyak kebocoran-kebocoran dari anggaran kita, penyimpangan-penyimpangan, kolusi di antara pejabat politik, pejabat pemerintah, di semua tingkatan," ujarnya.

Prabowo juga menyinggung kebocoran anggaran hingga kolusi pejabat dengan pengusaha nakal. 

"Kita harus berani mengakui, terlalu banyak kebocoran-kebocoran dari anggaran kita. Penyimpangan-penyimpangan. Kolusi di antara pejabat politik, pejabat pemerintah, di semua tingkatan, di semua tingkatan. Dengan pengusaha-pengusaha yang nakal, pengusaha-pengusaha yang tidak patriotik," kata Prabowo.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya