Sambut Presiden Prabowo Subianto dan Lepas Jokowi, Istana Kepresidenan Sajikan Jajanan Pasar dan Lontong Kikil

Acara pisah sambut ini dilakukan usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dilantik. Pihak istana pun sudah mempersiapkan segala seuatunya untuk menyambut acara tersebut dengan menyiapkan sejumlah menu makanan.

oleh Henry diperbarui 20 Okt 2024, 13:07 WIB
Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Republik Indonesia periode 2014-2024 Joko Widodo (kanan) duduk saat Sidang Paripurna Pelantikan Presiden terpilih di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 20 Oktober 2024. (BAY ISMOYO/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyambut kedatangan Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, usai resmi dilantik pada Minggu (20/10/2024) siang. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka baru saja resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung DPR-MPR ,Jakarta.

Acara pisah sambut ini dilakukan usai Prabowo dan Gibran dilantik. Pihak istana pun sudah mempersiapkan segala seuatunya untuk menyambut acara tersebut. Juru masak Istana Kepresidenan Jakarta menyiapkan menu makanan utama berupa lontong kikil hingga makanan ringan jajanan pasar untuk dihidangkan bagi para tamu negara.

Hal itu disampaikan Direktur Operation Food & Beverage Indonesia Convention Exibition (ICE) Algamar yang dijumpai saat persiapan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. "Menu spesial hari ini lontong kikil, dimsum, sama makanan ringan jajanan pasar," ungkapnya, dilansir dari Antara, Minggu.

Pihaknya memfasilitasi koki profesional untuk melayani para tamu negara, masing-masing dua orang koki di ruang President Lounge dan Kantor Presiden Jakarta. Ia mengatakan persiapan memasak dimulai sejak pukul 06.30 WIB di dapur istana untuk disuguhkan kepada tamu negara yang hadir pada saat jam makan siang mulai 12.00 WIB. Semua masakan santap siang itu disediakan oleh sekitar enam orang pramusaji, kata Algamar."Persiapan pagi sudah all prepared, tadi sudah ready semua,"

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa prosesi pisah sambut akan dilaksanakan setelah Prabowo Subianto-Gubran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

 


Acara Pisah Sambut

Jajanan pasar yang terdiri dari kue dadar gulung, kue lapis, bika ambon, kue talam, nagasari, kue mangkok, kue ku, kue bugis, kue cucur, getuk lindri, bolu kukus, putu mayang, kue sus, dan lainnya. (Liputan6.com/Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata)

Pratikno mengatakan bahwa di Istana pada hari ini hanya akan ada acara pisah sambut, dilanjutkan dengan keberangkatan Presiden Jokowi pulang ke Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Selain itu, rencananya juga digelar agenda jamuan makan malam di Istana Kepresidenan Jakarta bersama para tamu penting.

Sementara itu, Jokowi dan istrinya, Iriana dijadwalkan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah usai purna tugas sebagai presiden. “Presiden ke-8 (Prabowo) rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, Minggu, melansir kanal News Liputan6.com.

Menurut dia, Jokowi akan pulang ke Solo dengan menggunakan pesawat TNI AU.Hal ini sekaligus menampik kabar bahwa Jokowi pulang ke Solo dengan pesawat komersial. "Nanti, nanti beliau akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," ujarnya.Hasan menyampaikan Jokowi akan dilepas dengan penuh kehormatan, sebelum pulang ke Solo. Para mantan menteri kabinet Indonesia Maju juga akan ikut melepas kepulangan Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Para menteri kabinet Indonesia maju rencana akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," jelas Hasan. Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. 

 


Pelantikan Prabowo-Gibran

Istana Kepresidenan Jakarta tampak bersolek menjelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar.

Saat dilantik, Prabowo mengenakan baju beskap warna biru cerah, kain merah, celana panjang dan peci hitam. Sedangkan Gibran juga memakai beskap tapi berwarna hitam Gibran datang dengan didampingi oleh istrinya, Selvi Ananda.

Dilihat dari tayangan live streaming vidio.com dan TVR Parlemen, Selvi tampak mendampingi Gibran dengan setelan kebaya merah dan selendang berwarna senada. Ia tampak anggun dengan sanggul. yang dipenuhi dengan payet. Detail dari kebaya itu terlihat makin indah, adanya bros bunga besar di sisi kanan tubuhnya yang mengunci selendang merah.

Sementara itu, Titiek Soeharto mengenakan kebaya biru muda dan selendang biru cerah dan rambut disanggul. Ia diberi tepuk tangan disertai sorakan saat kamera TVR Parlemen mengarah ke wajahnya. Meski datang ke acara pelantikan dan bahkan sempat mampir ke rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Titiek tidak datang bersama Prabowo.


Sumpah Jabatam Presiden dan Wapres

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. (BAY ISMOYO/AFP)

Sementara itu, tepuk tangan juga terdengar kala kamera menyorot Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-11 Boediono, dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno.Sebelumnya, Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar.

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu.

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Dengan ini, Prabowo-Gibran resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya