Jokowi Resmi Purna Tugas, Pulang ke Istana Tanpa Mobil Kepresidenan-1

Jokowi bersama istrinya, Iriana pulang ke Istana Merdeka dengan mobil Alphard hitam dengan pelat nomor B 1339 ZZR.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2024, 13:06 WIB
Joko Widodo atau Jokowi resmi purna tugas sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar tv parlemen)

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi resmi purna tugas sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2024). Jokowi kembali ke Istana Merdeka Jakarta, usai menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2024-2019 di Gedung DPR-MPR.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Presiden ketujuh RI Jokowi tiba di Istana Merdeka pukul 12.40 WIB. Jokowi tak lagi menggunakan mobil Mercedes hitam berplat Indonesia-1 yang dipakainya saat berangkat ke Gedung DPR-MPR, Minggu pagi.

Jokowi bersama istrinya, Iriana pulang ke Istana Merdeka dengan mobil Alphard hitam dengan pelat nomor B 1339 ZZR. Dia sempat melambaikan tangan dan tersenyum kepada awak media saat memasuki Istana Merdeka.

Jokowi memang dijadwalkan tiba terlebih dahulu di Istana Merdeka untuk acara pisah sambut. Nantinya, Jokowi akan menyambut Presiden RI Prabowo Subianto yang baru saja resmi menjabat presiden.

Setelah itu, Prabowo akan melepas Jokowi yang akan pulang ke Solo, Jawa Tengah. Prabowo juga direncanakan mengantar Jokowi ke Lanud Halim Perdanakusuma untuk pulang ke Solo.


Bukan Komersial, Jokowi-Iriana Akan Pulang ke Solo Naik Pesawat TNI AU Sore Ini

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI yang disusul dengan pembacaan sumpah jabatan. (BAY ISMOYO/AFP)

Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana akan pulang ke Solo, Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024) sore.

Jokowi pulang ke Solo usai resmi purna tugas sebagai presiden. Hal ini sekaligus membantah kabar bahwa Jokowi dan Iriana akan menggunakan pesawat komersial untuk pulang ke Solo.

Sebelum ke Solo, Jokowi akan terlebih dahulu menyambut Presiden RI Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta.

"Nanti, nanti beliau akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi kepada wartawan, Minggu (20/10/2024).

Menurut dia, Presiden RI Prabowo Subianto akan ikut mengantar Jokowi ke Halim Perdanakusuma. Para menteri kabinet Indonesia Maju juga akan melepas keberangkatan Jokowi ke Solo di Halim Perdanakusuma.

"Presiden ke-8 (Prabowo) rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim," ujar Hasan.

"Para menteri kabinet Indonesia maju rencana akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," sambung dia.

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya