Kecanggihan Mobil Anti Peluru Prabowo Buatan Pindad, Garuda Limousine Namanya

Presiden Prabowo Subianto menggunakan mobil khusus anti peluru buatan Pindad usai dilantik di gedung DPR RI, Jakarta

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 20 Okt 2024, 13:07 WIB
PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan khusus antipeluru khusus untuk Presiden Prabowo (dok: Pindad)

Liputan6.com, Jakarta PT Pindad kembali mengenalkan inovasinya dalam memproduksi kendaraan taktis. Kali ini, Pindad membuat khusus mobil anti peluru khusus untuk Presiden Prabowo.

Mobil warna putih dengan logo kepala Garuda ini dibuat khusus untuk Prabowo dan Gibran yang resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

Mobil Presiden yang dinamakan MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden RI, Prabowo Subianto.

Lantas, apa saja kecanggihannya? Berikut datanya yang dikutip Liputan6.com dari Pindad, Minggu (20/10/2024):

1. Buatan Dalam Negeri

Dengan terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan ini menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia. Presiden Prabowo percaya bahwa Garuda Limousine kepresidenan buatan dalam negeri ini menunjukkan upaya keras PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia. 

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI. Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

 


2. Kecepatan Maksimal 100 km/jam

PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan khusus antipeluru khusus untuk Presiden Prabowo (dok: Pindad)

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam.


3. Tahan Peluru 7,62 x 51 mm NATO

PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan khusus antipeluru khusus untuk Presiden Prabowo (dok: Pindad)

Dengan portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal.

7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya