Pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto Jadi Sorotan Dunia

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar 1945.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 20 Okt 2024, 16:52 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. (BAY ISMOYO/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar (UUD 1945).

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Momen pelantikan Prabowo dan Gibran hari ini menjadi sorotan dunia. Sejumlah media asing mengangkat isu tersebut.

Misalnya, Reuters. Media asal Inggris tersebut menulis berita pelantikan Prabowo dengan judu: "Former special forces commander Prabowo takes up Indonesian presidency."

"Prabowo Subianto mengambil jabatan presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah memenangkan pemilihan umum dengan mempromosikan kebijakan seperti makanan gratis untuk anak sekolah," tulis Reuters.

"Mantan komandan pasukan khusus berusia 73 tahun itu memenangkan pemilihan pada tanggal 14 Februari 2024 dengan hampir 60% suara."

Media asal Singapura yaitu Channel News Asia juga tak ketinggalan memberitakan pelantikan Prabowo-Gibran.

"Mantan jenderal Prabowo Subianto dilantik sebagai presiden Indonesia bersama dengan mantan Wali Kota Soli Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presidennya," tulis CNA dalam artikel berjudul: "As Indonesia swears in a new president, all eyes are on his team and how he will engage with the world."

 

 


Sorotan Media dari Benua Asia hingga Australia di Pelantikan Prabowo Subianto

Menurut Prabowo Subianto, pemberantasan korupsi harus diiringi dengan perilaku petinggi negara. Para pejabat harus memberikan contoh yang baik kepada rakyat untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CNA juga menyoroti bagaimana pria berusia 73 tahun tersebut akan mengarahkan kebijakan ekonomi, pertahanan, dan politik luar negeri Indonesia di saat ketegangan geopolitik dan perdagangan dunia.

Tak ketinggalan, media besar Australia yaitu ABC ikut memberitakan momen bersejarah ini.

"Prabowo, mengenakan peci dan setelan jas biru tua dengan kain sarung tenun berwarna merah marun dan emas. Ia secara resmi menjadi presiden kedelapan Indonesia pada Minggu (20/10) pagi setelah diambil sumpahnya," demikian ditulis ABC Australia pada artikel bertajuk: "Former special forces commander Subianto Prabowo sworn in as Indonesian president."

"Prabowo yang sebelumnya pernah gagal mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak dua kali mengambil sumpah terlebih dahulu sebelum menuju istana presiden."

 


Sorotan Media Asal Kanada

Presiden Prabowo Subianto menyapa masyarakat di sepanjang jalan Sudirman Thamrin, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).

Media asal Kanada Vancouver is Awesome ikut menyorot momen pelantikan Prabowo-Gibran. Dengan artikel berjudul: "Indonesia swears in Prabowo Subianto as the country's eighth president."

Vancouver is Awesome menyebut Prabowo Subianto dilantik sebagai presiden kedelapan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia.

"Ia menyelesaikan perjalanannya dari seorang mantan jenderal yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia selama hari-hari gelap kediktatoran militer Indonesia hingga ke istana presiden."

"Para pemimpin dan pejabat senior dari lebih dari puluhan negara terbang untuk menghadiri upacara di ibu kota, Jakarta, termasuk dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Arab Saudi, Rusia, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya," demikian ditulis oleh Vancouver is Awesome.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya