Kelar Pelantikan, Puan Tetap Pastikan Pertemuan Prabowo-Megawati Akan Terlaksana

Meski Megawati tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI, Puan menyatakan keberadaannya menjadi bagian dari perwakilan keluarga.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 20 Okt 2024, 13:34 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani tetap memastikan momen pertemuan Presiden Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan terlaksana, meski awalnya dijadwalkan sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Insyaallah segera akan bertemu, silaturahmi itu tidak bisa dibatasi sebelum pelantikan atau sesudah pelantikan. Kebetulan Ibu Mega tadi menyampaikan salamnya kepada Pak Prabowo, sudah saya sampaikan mohon maaf dan selamat atas pelantikannya, kurang sehat atas perjalanan jauh yang beliau lakukan beberapa waktu lalu,” tutur Puan di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

“Namun tentu saja silaturahmi dan niat untuk bertemu sebagai anak bangsa dan tokoh bangsa akan selalu ada dan kita cari waktu yang tepat,” sambungnya.

Meski Megawati tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI, Puan menyatakan keberadaannya menjadi bagian dari perwakilan keluarga.

“Saya sebagai Ketua DPR tentu mewakili keluarga Ibu Megawati, juga PDIP,” sambungnya.


Prabowo-Gibran Dilantik

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Keduanya dilantik di Gedung DPR MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar.

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

 


Resmi Jadi Presiden dan Wapres

Dengan ini, Prabowo-Gibran resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya