Beda dengan Jokowi, Iring-iringan Mobil Kepresidenan Prabowo Berwarna Putih

Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Presiden RI periode 2024-2029, Minggu (20/10/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2024, 14:08 WIB
Presiden Prabowo Subianto menyapa masyarakat di sepanjang jalan Sudirman Thamrin, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Presiden RI periode 2024-2029, Minggu (20/10/2024). Prabowo pun mulai dikawal ketat oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres) dan protokol kepresidenan.

Hal ini terlihat sejak Prabowo menuju Istana Merdeka Jakarta, usai dilantik sebagai Presiden di Gedung DPR-MPR, Minggu. Paspampres melakukan pengamaman ketat di sepanjang jalan saat Prabowo menyalami dan menyapa masyarakat.

Berbeda dengan Presiden ketujuh Joko Widodo atau Jokowi, rangkaian atau iring-iringan mobil Prabowo seluruhnya berwarna putih. Sementara itu, iring-iringan pengamanan Jokowi menggunakan mobil berwarna hitam.

Saat berangkat dari Gedung DPR-MPR menuju Istana Merdeka, Prabowo menaiki mobil Maung bewarna putih dengan plat Indonesia-1. Mobil-mobil dibelakangnya yang berisi Paspampres serta protokol, seluruhnya juga bewarna putih.

Di rangkaian terakhir, juga ada mobil Alphard putih dengan plat Indonesia-1. Adapun Indonesia-1 merupakan plat nomor untuk Presiden RI.

Jokowi sendiri biasanya menggunakan mobil Mercedes berwarna hitam saat menjalankan tugas kepresidenan. Saat sudah purna tugas, Jokowi menggunakan mobil Alphard hitam dengan nomor polisi B 1339 ZZR.

Di sisi lain, Wapres RI Gibran Rakabuming Raka menggunakan mobil Lexus bewarna putih dengan plat nomor Indonesia-2. Gibran terlihat mengunjungi Istana Merdeka bersama istrinya Selvi Ananda serta kedua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah usai pelantikan.


Pisah Sambut di Istana

Presiden Prabowo Subianto tiba di Istana Merdeka Jakarta usai pelantikan, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Prabowo Subianto tiba di Istana Merdeka Jakarta usai pelantikan, Minggu (20/10/2024). Kedatangan Prabowo disambut langsung Presiden ketujuh RI, Joko Widodo atau Jokowi dan istrinya, Iriana.

Berdasarkan pantauan, Prabowo tiba terlebih dahulu di Istana Merdeka pukul 13.21 WIB dengan mobil Maung putih, berpelat Indonesia-1. Prabowo didampingi putranya, Didit Hediprasetyo tampak menyalami Jokowi dan Iriana setibanya di Istana Merdeka.

Jokowi dan Prabowo berjalan di atas karpet merah untuk masuk ke Istana Merdeka. Prabowo lalu menyalami keluarganya dan ketua umum partai politik yang hadir di Istana Merdeka.

Selang beberapa menit, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tiba di Istana Merdeka bersama sang istri, Selvi Ananda dengan mobil Alpahrd berpelat nomor Indonesia-1. Gibran lalu memasuki Istana Merdeka dan menyalami tamu undangan.

Jokowi dan Prabowo akan melakukan prosesi pisah sambut. Jokowi melakukan penyambutan kepada Prabowo. Sedangkan, Prabowo melepas Jokowi yang akan pulang ke Solo, Jawa Tengah.


Infografis

Infografis 49 Calon Menteri Penghuni Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya