Xi Jinping Telepon Prabowo Subianto, Beri Ucapan Selamat Jadi Presiden RI

Xi Jinping menekankan bahwa China dan Indonesia merupakan negara tetangga yang bersahabat dengan hubungan kemitraan strategis komprehensif.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 20 Okt 2024, 16:54 WIB
Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia di Balai Agung Rakyat, Beijing (Xinhua).

Liputan6.com, Beijing - Lewat sambungan telepon, Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang dilantik sebagai presiden Indonesia pada Minggu (20/10/2024).

Xi Jinping mengatakan, ia akan menjaga komunikasi dan hubungan yang lebih erat dengan mitranya dari Indonesia, dikutip dari Barrons, Minggu (20/10).

Xi juga mengatakan bahwa China dan Indonesia merupakan negara tetangga yang bersahabat dengan hubungan kemitraan strategis komprehensif. Ia juga menyebut hubungan kedua negara terus membaik serta siap membangun masa depan bersama yang lebih erat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan pada Minggu (20/10) sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar (UUD 1945).

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya