Kemenhub Investigasi Kecelakaan Pesawat SAM Air yang Tewaskan 4 Orang

Pesawat SAM Air hilang kontak pada pukul 07:22 WITA dan beberapa jam kemudian pesawat ditemukan hancur total akibat kecelakaan di rawa-rawa sebelum landasan pacu 27 Bandara Pohuwato.

oleh Arthur Gideon diperbarui 20 Okt 2024, 18:15 WIB
Kondisi pesawat SAM Air yang jatuh di Kabupaten Pohuwato (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat SAM Air jatuh di Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, pada Sabtu 20 Oktober 2024. Pesawat SAM Air mengalami kecelakaan di area tambak saat hendak melakukan pendaratan di Bandara Pohuwato. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan koordinasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta pemangku kebijakan terkait untuk melakukan investigasi insiden kecelakaan pesawat SAM Air.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa mengatakan, sebuah pesawat perintis milik PT SAM Air dengan nomor registrasi PK-SMH (DHC6) mengalami kecelakaan di Bandara Panua, Pohuwato.

"Saya berharap proses investigasi berjalan lancar, dan langkah-langkah pencegahan ke depan dapat diambil untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di masa mendatang." ujar Lukman dikutip dari Antara, Minggu (20/10/2024).

Pesawat tersebut sedang melayani rute dari Bandara Djalaluddin, Gorontalo, menuju Bandara Panua, Pohuwato.

Pesawat tersebut dipiloti oleh M. Saefurubi A dengan First Officer M. Arthur V. G serta seorang teknisi Budijanto. Selain awak pesawat, ada satu penumpang bernama Sri Meyke Male.


Kronologi

Puing-puing pesawat SAM Air yang jatuh di Pohuwato Gorontalo. (Liputan6.com/ Arfandi Ibrahim)

Kronologi kejadian menunjukkan bahwa pesawat PK-SMH lepas landas dari Bandara Gorontalo pada pukul 07:03 WITA dengan perkiraan waktu tiba pada pukul 07:33 WITA dalam kondisi cuaca berawan.

Pesawat hilang kontak pada pukul 07:22 WITA dan beberapa jam kemudian pesawat ditemukan hancur total akibat kecelakaan di rawa-rawa sebelum landasan pacu 27 Bandara Pohuwato.

Kecelakaan itu mengakibatkan empat korban awak dan penumpang yaitu Pilot, First Officer, teknisi, dan satu orang penumpang meninggal dunia, selanjutnya para korban telah dievakuasi ke Puskesmas Motolohu Pohuwato.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya