279 Ribu Orang Naik KRL di Hari Pelantikan Prabowo, Stasiun Sudirman Terpadat

Dalam mendukung kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, KAI Commuter memberlakukan tarif khusus untuk commuter line Jabodetabek pada Minggu hari ini (20/10/2024).

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 20 Okt 2024, 20:30 WIB
Sejumlah penumpang berpindah tujuan kereta saat penerapan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (30/5/2022). Penerapan switch over (SO) atau peralihan sistem persinyalan ke-5 itu membuat terjadinya penumpukan penumpang di peron kereta karena terdapat perubahan rute perjalanan KRL. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Dalam mendukung kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, KAI Commuter memberlakukan tarif khusus untuk commuter line Jabodetabek pada Minggu hari ini (20/10/2024).

Perseroan juga mengungkapkan bahwa kondisi beberapa stasiun commuter line terpantau ramai dan lancar, di hari pelantikan Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran 2024-2029.

“Sampai dengan pukul 10.00 WIB total pengguna commuter line sebanyak 279.822 orang yang in-out di stasiun-stasiun Jabodetabek," ungkap Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus dalam keterangan di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

KAI Commuter membeberkan, Stasiun Sudirman menjadi stasiun dengan volume pengguna tertinggi pertama sebanyak 21.514 orang, diikuti Stasiun Bogor sebanyak 17.659 orang, Stasiun Tanah Abang 11.865 orang.

Adapun Stasiun Citayam yang melayani 9.782 orang dan Stasiun Bojonggede 8.238 orang serta Stasiun Palmerah sebanyak 4.940 orang.

“Kita ketahui bersama bahwa panggung Pesta Rakyat kali ini dilaksanakan di sepanjang jalan Jenderal Sudirman-Thamrin”, kata Joni.

Sedangkan untuk stasiun transit, Stasiun Manggarai sampai dengan jam 10.00 WIB ini telah melayani pengguna diangka 23.422 orang, disusul Stasiun Tanah Abang 16.640 orang, Stasiun Duri 8.787 orang dan Stasiun Kampung Bandan 2.280 orang.

KAI Commuter menjalankan 1.048 perjalanan guna mengakomodir pengguna yang akan bermobilisasi dengan commuter line bertarif khusus Rp 1,-.

“Masyarakat yang akan menggunakan commuter line tetap harus memastikan saldo minimum Rp 5.000,- untuk menikmati Rp 1,-“, jelas Joni.

KAI Commuter pun menyampaikan himbauan kepada seluruh pengguna untuk tetap mengikuti aturan dan arahan petugas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mencari stasiun alternatif terdekat untuk menghindari penumpukan di stasiun tersebur. Jadilah pengguna yang tertib untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan bersama," tutupnya.

 


Pelantikan Prabowo-Gibran, Tarif KRL Cuma Rp 1 Hari Ini

Penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line di Stasiun Sudirman, Jakarta, Senin (12/6/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT KAI Commuter memberikan tarif khusus pada perayaan pesta rakyat Pelantikan Prabowo Subianto senagai Presiden dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Senin (20/10). Yakni, penumpang KRL Jabodetabek cukup membayar Rp 1 untuk seluruh perjalanan di lintas Jabodetabek dengan syarat saldo minimum saat Tap-In sebesar Rp5 ribu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan layanan pola operasi perjalanan mengacu kondisi hari kerja saat pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran hari ini.

“Tak hanya itu, pengelola Commuter Line juga merencanakan melakukan tambahan sebanyak 32 perjalanan Commuter Line, sehingga total akan mengoperasikan sebanyak 1.080 perjalanan. Penambahan perjalanan ini akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi kepadatan pengguna di lintas," kata Joni dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

 


Penumpang Naik 1 Juta Orang

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menilai rencana pemerintah mengubah skema pemberian subsidi untuk KRL Jabodetabek menjadi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tahun 2025 akan semakin membebani kelas menengah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diprediksi pada gelaran perayaan tersebut, jumlah pengguna KRL Jabodetabek akan mengalami peningkatan hingga 1 sampai 1,2 juta orang. Proyeksi angka penumpang ini meningkat sebesar 45 sampai 50 persen.

“Jadi ada potensi akan terjadi kepadatan di stasiun-stasiun yang berlokasi di sekitar pusat kegiatan seperti Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun transit,” tambah Joni

Untuk memudahkan proses pembayaran, KAI Commuter mengimbau seluruh pengguna untuk menggunakan KMT atau Kartu Uang Elektronik Bank. Hal ini untuk mempercepat akses masuk dan mengurangi waktu tunggu di gate stasiun.

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya