Momen Sri Mulyani hingga Retno Marsudi Antar Jokowi Pulang Kampung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut mengantar kepulangan Mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdana Kusumah, Jakarta (20/10/2024).

oleh Septian Deny diperbarui 20 Okt 2024, 19:30 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut mengantar kepulangan Mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdana Kusumah, Jakarta (20/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut mengantar kepulangan Mantan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdana Kusumah, Jakarta (20/10/2024).

Momen tersebut ia bagikan melalui akun instagram pribadinya @smindrawati. Bendahara negara di kabinet Indonesia maju berfoto bersama dengan Jokowi dan Iriana Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Sri Mulyani mengenakan busana corak kebaya modern yang kekinian, dipadukan dengan kain batik khas Indonesia.

"Menghantar Bapak @jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Solo setelah menyelesaikan tugas negara sebagai Presiden dan Ibu Negara Republik  Indonesia 2014-2024. Terimakasih Bapak @jokowi dan Ibu Iriana atas pengabdian dan dedikasinya untuk membangun dan memajukan Indonesia," tulis Sri Mulyani, dikutip Senin (20/10/2024).

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto dan Presiden ketujuh RI, Joko Widodo atau Jokowi melakukan upacara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2024). Upacara ini dilakukan usai Prabowo dilantik sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Awalnya, Jokowi terlebih dahulu menyambut kedatangan Prabowo di Istana Merdeka. Usai bersalaman dengan tamu undangan, Prabowo memimpin upacara pisah sambut.

Setelahnya, Jokowi dan Iriana meninggalkan tempat upacara. Prabowo lalu melepas Jokowi yang pulang ke Solo, Jawa Tengah.Prabowo pun ikut mengantar Jokowi sampai ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Jokowi akan ke Solo dengan menggunakan pesawat TNI AU.


Momen Akhir Bersama Jokowi, Sampai Jumpa dan Terima Kasih

Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi menyapa masyarakat dari mobil yang ditumpanginya ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Joko Widodo (Jokowi) sudah purnatugas sebagai Presiden Republik Indonesia usai memimpin selama dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024. Banyak suka duka dan pasang surut tantangan yang dihadapi Jokowi bersama para menterinya di Kabinet Indonesia Maju.

Tak ayal momen terakhir para menteri bersama Jokowi diwarnai situasi yang mengharu biru. Tak terkecuali bagi mereka yang baru berabung di periode kedua.

Pantauan di lokasi Landasan Udara (Lanud) Squadron Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024) sore, Jokowi yang turun dari mobil Maung Garuda bersama Presiden Prabowo Subianto langsung disambut oleh para menteri kabinetnya yang tiba lebih dulu.

Hampir seluruh menterinya terpantau hadir, termasuk jajaran kepala aparat penegak hukum seperti Jaksa Agung ST Burhanudin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Mereka berjejer satu garis lurus dekat dengan pintu tangga pesawat untuk disalami satu per satu oleh Jokowi.

Terlihat mata mereka berkaca-kaca, salah satunya Menko Polhukam Hadi Tjhajanto yang menggenggam erat tangan Jokowi sembari menatap matanya.

Berdasarkan rekam jejak keduanya, Hadi dan Jokowi memiliki kedekatan historis semenjak di Solo hingga Hadi menjadi Panglima TNI dan masuk di kabinet Jokowi sebagai Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Kemenko Polhukam yang ditinggalkan Mahfud Md untuk berkontestasi di Pilpres 2024.

 


Waktu Berlalu Cepat

Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Selain Hadi, ada juga menteri yang mengaku sangat sedih dengan berakhirnya masa kepemimpin Jokowi. Dia adalah Budi Arie Setiadi. Sosok yang mulai dikenal publik lewat kelompok relawan binaannya, Projo ini dipercaya Jokowi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johhny Plate yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Budi memang bukan relawan Jokowi kemarin sore. Dia sudah menjadi Jokowi garis keras sejak pemilihan Gubernur Jakarta 2012. Dia pun tak menyadari waktu berlalu begitu cepat hingga tiba masanya Jokowi purna tugas.

“Ternyata 12 tahun cepat sekali ya, padahal waktu itu 2012 baru jadi Gubernur sekarang udah, ternyata enggak terasa. Makasih Pak Jokowi,” kata Budi.

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya