Usai Makan Siang Bersama, Cak Imin: Mas Anies Dukung Langkah Saya di Pemerintahan

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim bahwa Anies Baswedan mendukung langkah politik dirinya dan partai di pemerintahan Prabowo-Gibran.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Okt 2024, 21:01 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) gala dinner bersama Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di Istana Kepresidenan, Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimmin Iskandar alias Cak Imin menjamu Anies Baswedan dalam acara makan siang bersama pada Minggu (20/10/2024). Momen tersebut berlangsung setelah keduanya menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Cak Imin menuturkan, jamuan makan siang itu dilangsungkan usai dirinya sudah lama tidak berjumpa dengan Anies Baswedan pasca-Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Hehe, ya tadi siang kita makan siang setelah pelantikan, saya udah lama enggak ketemu, kita reunian,” kata Cak Imin saat ditemui di sela acara gala dinner bersama Prabowo dan Gibran di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

Cak Imin mengungkapkan, keduanya sempat berbicara soal langkah-langkah ke depan. Termasuk langkah PKB dalam pemerintahan mendatang.

Dia mengklaim, Anies Baswedan secara penuh mendukung langkah politiknya di pemerintahan. “Mas Anies dukung sepenuhnya langkah saya, langkah PKB dalam politik dan pemerintahan,” ujar Cak Imin.

Saat ditanya soal posisinya di pemerintahan, Cak Imin mengaku belum tahu. Sebab kedatangannya malam ini dikabari oleh Mayor Teddy untuk jamuan makan malam.

“Kalau itu enggak tahu, tapi selama ini yang komunikasi ke saya Mas Teddy, yang hubungi saya untuk datang malam ini Mas Teddy,” Cak Imin menandasi.

Sebagai informasi, Muhaimin Iskandartiba bersama Wakil Ketua Umum PKB Faizol Riza. Keduanya digadang masuk ke dalam kabinet Prabowo-Gibran.

   


Momen Anies Beri Salam Hormat Usai Disapa Prabowo

Anies Baswedan memberikan hormat kepada Presiden Prabowo Subianto, Minggu (20/10/2024). (Tangkapan layar TV Parlemen)

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga mantan calon presiden pada Pemilu 2024, Anies Baswedan memberikan hormat dan senyum ke Presiden Prabowo Subianto. Momen ini terlihat saat Prabowo menyampaikan salam pada pidatonya usai resmi dilantik menjadi presiden kedelapan RI.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan dan saudara Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin)," kata Prabowo Subianto pada Sidang Paripurna MPR dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2022).

Salam itu disampaikan Prabowo karena Anies dan Cak Imin sebagai rivalnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Anies tampak berdiri dari kursi tamu usai disapa Prabowo. Lalu, dia tersenyum dan menyampaikan salam hormat dua kali.

Prabowo turut menyapa Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang juga menjadi pesaingnya di Pilpres 2024. Namun, keduanya tidak hadir.

"Sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada kontestasi pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2024 yang baru berlalu," ucap Prabowo.

 


Prabowo-Gibran Resmi Dilantik

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. (BAY ISMOYO/AFP)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Peresmian itu ditandai dengan pengucapan sumpah. Pengucapan sumpah diawali oleh Prabowo.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Prabowo

Setelah Prabowo, giliran Gibran yang mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Gibran.   

Infografis Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya