Dante Saksono Kembali Jadi Wamenkes Era Prabowo, Ini Profil Ahli Diabetes Molekular Pertama di Indonesia!

Prabowo Umumkan Kabinet Baru, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono Tetap sebagai Menkes dan Wamenkes RI.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 20 Okt 2024, 22:16 WIB
Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono Tetap Dipercaya Prabowo sebagai Menteri Kesehatan dan Wamenkes RI di Kabinet Merah Putih 2024 s.d 2029 (Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Salah satu pengumuman penting adalah penetapan kembali Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dan Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan.

Menariknya, duet ini bukan hanya dikenal karena kemampuan mereka dalam bidang kesehatan, tapi juga karena keduanya memiliki hobi yang sama, yaitu lari. Dengan masa jabatan lima tahun ke depan, mereka akan terus menakhodai Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), berkolaborasi untuk memperkuat sektor kesehatan di Tanah Air.

Dengan kembali ditunjuknya duo ini, harapan tinggi dari publik agar Kemenkes dapat terus mendorong inovasi dan menjaga kesehatan masyarakat dengan lebih baik.

Dante Saksono Dokter Apa?

Dante Saksono Harbuwono merupakan sosok berprestasi di dunia medis, khususnya dalam bidang endokrinologi. Sebagai lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dante telah mengukir banyak pencapaian luar biasa di bidang kedokteran, khususnya sebagai ahli diabetes molekular pertama di Indonesia.

Profil Dante Saksono Harbuwono

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973, ini melanjutkan studi doktoralnya di University of Yamanashi, Jepang, dan berhasil meraih gelar Ph.D. dalam bidang Molekular Diabetes pada tahun 2008. Dengan latar belakang keilmuannya yang kuat, Dante telah menjadi salah satu figur penting dalam pengembangan studi dan penanganan diabetes di Indonesia.

 


Dante Saksono adalah Ahli Diabetes Molekular Indonesia

Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono Tetap Dipercaya Prabowo sebagai Menteri Kesehatan dan Wamenkes RI di Kabinet Merah Putih 2024 s.d 2029 (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Sebagai seorang endokrinologis, Dante mendalami bidang metabolisme dan hormon, serta memiliki keahlian dalam menangani penyakit yang terkait dengan gangguan metabolik, khususnya diabetes. Ia juga berperan aktif dalam berbagai organisasi medis, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Karier Dante di dunia kesehatan sangat cemerlang. Selain berprofesi sebagai dokter spesialis di beberapa rumah sakit besar, seperti RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, RS MMC Kuningan, dan RS Royal Progress Sunter, dia juga menduduki posisi penting seperti Ketua Divisi Metabolik Endokrin FKUI dan Kepala Pusat Diabetes di Paviliun Kencana FKUI.

Di luar profesi medis, Dante juga dipercaya sebagai Komisaris Pertamina Bina Medika, holding rumah sakit BUMN.

Selain peran aktif di bidang medis, Dante juga memiliki jabatan penting di dunia olahraga. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia – Jakarta Raya (PERKENI JAYA), memperlihatkan komitmen besar dalam bidang kesehatan dan kebugaran masyarakat.


Penghargaan dan Prestasi Internasional

Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono Tetap Dipercaya Prabowo sebagai Menteri Kesehatan dan Wamenkes RI di Kabinet Merah Putih 2024 s.d 2029 (Foto: Kemenkes RI)

Tidak hanya berprestasi di dalam negeri, Dante juga diakui di kancah internasional. Ia telah menerima berbagai penghargaan, seperti Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013. Penghargaan-penghargaan ini membuktikan dedikasi Dante dalam meningkatkan penanganan diabetes dan kontribusinya dalam penelitian medis.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya