Jika Ingin Doa Cepat Dikabulkan, Berdoalah di 5 Waktu Mustajab Ini Kata Ustadz Das’ad Latif

Jika ingin doanya cepat dikabulkan, muslim dapat berdoa di waktu-waktu mustajab. Pendakwah kondang Ustadz Das’ad Latif pernah membagikan lima waktu mustajab berdoa dalam salah satu ceramahnya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 21 Okt 2024, 10:30 WIB
Ustadz Das'ad Latif. (YouTube Das'ad Latif)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang muslim yang berdoa berharap permintaannya cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Permohonan yang dimintanya beragam, baik yang berkaitan dengan dunia maupun akhirat.

Muslim yang sudah berdoa tapi belum juga mendapatkan apa yang diinginkan tak perlu khawatir. Bukan karena tidak dikabulkan, bisa saja Allah SWT menggantinya menjadi sesuatu yang lebih baik atau menunggu waktu yang tepat.

Jika ingin doanya cepat dikabulkan, muslim dapat berdoa di waktu-waktu mustajab. Pendakwah kondang Ustadz Das’ad Latif pernah membagikan lima waktu mustajab berdoa dalam salah satu ceramahnya.

Berikut waktu-waktu mustajab berdoa yang disarankan Ustadz Das’ad Latif.

1. Sepertiga Malam Terakhir

Salah satu waktu mustajab berdoa adalah sepertiga malam terakhir. Menurut Ustadz Das’ad Latif, waktu sepertiga malam terakhir di antara pukul 03.00-04.00 pagi.

Pada waktu ini, umat Islam dapat memanfaatkannya dengan sholat tahajud apabila sebelumnya telah tidur terlebih dahulu. Kemudian bermunajat kepada Allah SWT.

2. Antara Adzan dan Iqomah

“Ketika masjid adzan menunggu waktu iqomah, kira-kira 5-10 menit, maka perbanyaklah berdoa di situ. Karena antara adzan dan iqomah adalah waktu mustajab untuk berdoa,” kata dai kondang ini dikutip dari YouTube Das’ad Latif, Ahad (20/10/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Waktu-Waktu Mustajab Berdoa

Ustadz Das'ad Latif. (YouTube Das'ad Latif)

3. Selesai Sholat Ashar hingga Menjelang Maghrib

Ustadz Das’ad mengatakan, setelah sholat ashar jangan langsung pulang. Berdoalah. Sebab, setelah ashar sampai menjelang maghrib termasuk salah satu waktu mustajabnya doa. 

Menurut pendapat lain, waktu mustajab doa setelah ashar sampai menjelang maghrib ada di hari Jumat saja. Mengutip NU Online, pendapat ini berdasarkan hadis berikut.

يوم الجمعة اثنتا عشرة ساعة منها ساعة لا يوجد عبد مسلم يسأل الله شيئا إلا أتاه إياه فالتمسوها آخر ساعة بعد العصر

Artinya: "Dua belas jam pada hari Jumat di antaranya terdapat waktu yang seorang hamba Muslim tidaklah meminta sesuatu kepada Allah di waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Maka carilah waktu tersebut di akhir waktu setelah Ashar." (HR Abu Daud, al-Nasa’i, al-Hakim dan al-Baihaqi).


Waktu-Waktu Mustajab Berdoa

Ustadz Das'ad Latif di Podcast Closethedoor Deddy Corbuzier. (Foto: SS YT Closethedoor)

4. Di antara Khutbah Jumat

“Ketika khutbah pertama diuraikan khatib, lalu ada jeda untuk duduk sejenak, sekitar 1 menit, di situlah mustajabnya berdoa. Maka ketika khatib duduk untuk naik ke khatib kedua, maka berdoa lah karena di situ salah satu tempat untuk mustajab doa,” kata Ustadz Das’ad.

5. Setiap Selesai Sholat Lima Waktu

Waktu mustajabnya doa berikutnya adalah setiap selesai sholat lima waktu. Ustadz Das’ad berpesan agar umat Islam meluangkan waktu sejenak untuk memohon doa kepada Allah SWT di waktu tersebut.

Itulah waktu-waktu mustajab doa menurut Ustadz Das’ad Latif. Semoga doa-doa kita yang maslahat dunia dan akhirat cepat dikabulkan Allah SWT. Aamiin. Wallahu a’lam.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya