Kembali Dampingi Sri Mulyani, Intip Profil Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara

Berikut profil Suahasil Nazara yang kembali didapuk menjadi Wakil Menteri Keuangan mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani di era Prabowo-Gibran.

oleh Agustina Melani diperbarui 20 Okt 2024, 23:08 WIB
Presiden Prabowo Subianto mengumumkan menteri wakil menteri Kabinet Merah Putih pada Minggu malam, 20 Oktober 2024. Salah satu yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Keuangan yakni Suahasil Nazara (Foto: Liputan6.com/Arief RH)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengumumkan menteri wakil menteri Kabinet Merah Putih pada Minggu malam, 20 Oktober 2024. Salah satu yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Keuangan yakni Suahasil Nazara yang mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Suahasil tak sendirian menjadi Wakil Menteri Keuangan. Suahasil Nazara bersama Thomas Djiwandono dan Anggito Abimanyu akan mendampingi Sri Mulyani.

Adapun sebelumnya Suahasil juga menduduki posisi Wakil Menteri Keuangan pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berikut profil Suahasil Nazara.

Mengutip laman kemenkeu.go.id, Suahasil ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Keuangan untuk mendampingi Menteri Keuangan dalam kabinet Indonesia Maju pada 25 Oktober 2019.

Sebelum ditunjuk sebagai Wakil Menteri Keuangan, sejumlah peran dan posisi pernah didudukinya. Ia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999, dan pada 2009 mendapatkan gelar Guru Besar di bidang ilmu ekonomi. Suahasil pernah menjadi Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi di lingkungan FEB UI pada 2004-2005. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Demografi pada 2005-2008, dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi pada 2009-2013.

Suahasil Nazara pernah menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal pada 2009-2011. Ia juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus, dan juga pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015.

Posisi lain yang pernah didudukinya adalah Koordinator Pokja Kebijakan di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015)

 


Latar Belakang Pendidikan

Suahasil Nazara. Sejak 25 Oktober 2019, Suahasil Nazara menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sebelumnya ia menjabat Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Indonesia sejak tahun 2016. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, ia pernah menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) pada 2013-2014. Sejak 6 Februari 2015 menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal, dan pada 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Adapun Suahasil lahir di Jakarta pada 23 November 1970. Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada 1994. Selanjutnya Suahasil mendapatkan gelar Master of Science (MSc) dari Cornell University USA pada 1997. Pada 2003, ia meraih gelar Doctor of Philosophy (PhD) dari University of Illnois at Urbana-Champaign USA.


Pelantikan Presiden 2024, Prabowo Umumkan Susunan Kabinet Menteri Malam Ini

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024) ini. foto: Youtube Sekretariat Presiden

Sebelumnya, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan berlangsung hari ini di Gedung DPR MPR RI, Jakarta. Seusai Pelantikan Presiden 2024 itu, Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024) ini.

Ini diungkapkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco.“Nanti malam, Insyallah nanti malam. Jamnya belum tahu, tapi akan diumumkan oleh Presiden Terpilih di Istana,” kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sedangkan, kata Dasco, prosesi pelantikan menteri baru akan dilakukan pada Senin (21/10/2024) pagi, kemudian wakil menteri kabinet Prabowo-Gibran pada sore harinya.

“Kalau tidak ada halangan besok pagi akan pelantikan menteri, sore harinya pelantikan wamen,” jelas dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengumpulkan para calon anggota kabinet dan memberikan pengarahan kepada para calon menteri. Pertemuan itu digelar di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Para anggota kabinet mendapatkan pengarahan secara ekslusif dan intens mengenai berbagai isu aktual, dari geopolitik hingga ekonomi.

Salah satu calon anggota kabinet Prabowo, yaitu Amran Sulaiman, yang kini menjabat Menteri Pertanian di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyatakan bahwa Prabowo menyampaikan dengan tegas gagasan-gagasan besarnya untuk bangsa dan rakyat Indonesia.

“Ini luar biasa, kita pembekalan ini diajari tentang geopolitik, ekonomi, pertumbuhan ekonomi, GDP, dan lain lain. Ini sangat menarik dan yang terpenting ini kita pesan Pak Prabowo bentuk tim yang kuat untuk mencapai gagasan-gagasan besar beliau, untuk tunaikan gagasan-gagasan beliau. Ini sangat penting dan luar biasa beliau sangat visioner,” ungkap Amran dalam keterangannya, Kamis (17/10/2024).

“Kami yakin, kami optimistis bahwa mimpi-mimpi kita bersama gagasan besar beliau (Prabowo) visi misi beliau bisa kita realisasikan,” lanjutnya.

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya