Profil Menpora Kabinet Merah Putih Dito Ariotedjo, Bangun Diplomasi Lewat Olahraga

Dito Ariotedjo yang mendapat kepercayaan dari Presiden Prabowo Subianto menjabat lagi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berbagai organisasi.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 21 Okt 2024, 06:51 WIB
Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau lebih dikenal Dito Ariotedjo merupakan seorang politisi Indonesia yang menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga dari Partai Golongan Karya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali mendapat kepercayaan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dito Ariotedjo mendapat amanah jabatan itu dari Presiden Republik Indonesia yang baru Prabowo Subianto.

Pria kelahiran 25 September 1990 masuk dalam jajaran menteri di Kabinet Merah Putih. Itu berarti Dito akan melanjutkan lagi tugasnya di lingkungan Kemenpora, karena sebelumnya juga sudah menjabat sebagai Menpora di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo dan wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dito bergabung ke pemerintahan Jokowi menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri, lantaran terpilih sebagai wakil ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Masuk ke lingkungan pemerintahan, sebenarnya bukan pengalaman baru bagi politisi Partai Golkar itu. Dito pernah menjadi Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Bukan hanya di birokrasi, Dito juga dikenal sebagai sosok yang gemar untuk berolahraga. Bahkan, dia juga mempunyai pengalaman dalam bidang ini, yakni menjadi Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina.


Dito Ariotedjo Dikenal Aktif di Berbagai Organisasi

Menteri Pemuda dan Olahraga baru, Dito Ariotedjo memberikan sambutan saat acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menpora 2023 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (04/04/2023). Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menpora sisa jabatan 2019-2024 menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ia menjadi salah satu pengurus untuk Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Dito juga tercatat sebagai Anggota Dewan Penasehat Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PP Perbasi)

Putra dari Arie Prabowo dan Arti Laksmigati Ariotedjo ini, meniti karier politik bersama Golkar. Dia pernah menjadi Ketum DPP AMPI. Dirinya juga dipercaya untuk menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Dito menamatkan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Semasa kuliah dia aktif dalam berbagai organisasi seperti Bendum BEM FH UI, serta HMI Komisariat Hukum UI.


Penunjukkan Dito Ariotedjo Mendapat Respon Positif Publik

Menpora Dito Ariotedjo memberikan penghargaan kepada para pemenang

Adapun saat ini ia menjabat menjadi Chairman untuk Rans Nusantara FC serta bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Seperti saat ditunjuk Jokowi jadi Menpora, kali ini kepercayaan yang diberikan Presiden Prabowo juga disambut baik publik, karena sosoknya yang masih muda.

Dito juga terbilang aktif untuk menyapa pengikutnya dengan kegiatan hariannya, termasuk aktivitas pribadinya bersama keluarga. Total unggahannya sudah mencapai 434 post.

Mendapat kepercayaan jadi Menpora, Dito sempat menyinggung pesan Presiden Prabowo yang ingin Kemenpora segera bergerak cepat untuk melakukan tugasnya. Dia juga mengungkapkan bahwa Kemenpora akan punya tugas tambahan menjadi alat diplomasi bangsa.

"Jadi mungkin ke depan akan bertambah tupoksi di mana berdiplomasi juga dengan olahraga pastinya baik untuk generasi muda, pemuda dan olahraga ya ini akan jadi salah satu prioritas dan komitmen dari Kabinet Merah Putih," kata Dito.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya