Prabowo Tunjuk Mantan Bupati Batang Wihaji Jadi Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Politisi Partai Golkar yang juga mantan Bupati Batang, Wihaji ditunjuk Prabowo Sebagai Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 21 Okt 2024, 08:51 WIB
Mantan Bupati Batang Wihaji kini menjabat sebagai Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional oleh Prabowo. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka semalam (20/10/2024) mengumumkan nama-nama menteri dalam kabinet bernama Kabinet Merah Putih. Salah satu nama yang masuk dalam jajaran kabinet tersebut adalah mantan Bupati Batang, Wihaji.

Prabowo menunjuk Wihaji sebagai Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional atau Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

“Dr. Wihaji, S.Ag., M.Pd, Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga / Kepala BKKBN,” kata Prabowo pada Minggu, 20 Oktober 2024 malam.

Wihaji merupakan Mantan Bupati Batang, Jawa Tengah periode 2017-2022. Selama menjabat sebagai Bupati Batang, Wihaji fokus pada beberapa di bidang pembangunan infrastuktur. Dia mendorong pembangunan jalan dan fasilitas publik untuk meningkatkan aksesibilitas dan kesejahteraan masyarakat.

Di bidang pendidikan, Wihaji berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperbaiki sarana dan prasarana sekolah serta meningkatkan kompetensi guru.

Di bidang kesehatan, dia juga memperhatikan sektor kesehatan dengan meningkatkan layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit daerah seperti mengutip Antara.

Pendidikan Wihaji

Wihaji menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, Jawa Tengah.

Lalu, Wihaji berkuliah S-2 di bidang Manajemen Lingkungan di Universitas Negeri Jakarta.

 


Wihaji Sempat Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Sebelum nama Wihaji masuk dalam daftar Kabinet Merah Putih, ia termasuk salah satu orang yang dipanggil Prabowo untuk datang ke Kerjanegara, Jakarta Selatan pada Senin, 14 Oktober 2024.

Saat itu, Wihaji menyampaikan bahwa dirinya berdiskusi dengan Prabowo terkait isu-isu nasional, salah satunya pengentasan stunting. Untuk diketahui pengentasan stunting merupakan salah satu tugas yang saat ini dipimpin oleh BKBBN.

"Diskusi sama presiden terpilih, berkenaan dengan hal-hal masa depan generasi Indonesia, khususnya pada beberapa problem yang mesti ditindaklanjuti secara cepat efektif. Contohnya stunting, kemudian ibu-ibu hamil yang perlu diperhatikan sebagai tindak lanjut untuk generasi ke depan," ungkap Wihaji saat itu. 

Namun, kala itu ia tidak menyebutkan soal posisi yang bakal diemban di era pemerintahan Prabowo-Gibran.

 


Isyana Bagoes Oka Dampingi Wihaji Sebagai Wamen Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional

Isyana Bagoes Oka jadi Wakil Menteri (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sesudah mengumumkan nama menteri, Prabowo juga menyebutkan nama-nama wakil menteri.

Dalam Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional, Wihaji akan didampingi Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka.

Isyana Bagoes Oka merupakan Anggota Dewan Pembina PSI. Sebelumnya nama Isyana dikenal sebagai sosok pembawa berita dan model.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya