Pelantikan Prabowo, Begini Harapan Amerika Serikat untuk Hubungannya dengan Indonesia

Prabowo merupakan presiden ke-8 Republik Indonesia, sementara Gibran sebagai wakil presiden ke-14 Republik Indonesia.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 21 Okt 2024, 09:25 WIB
Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar Youtube MPR RI)

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat (AS) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai presiden Republik Indonesia.

AS menyebutkan bahwa pemilihan Prabowo merupakan bukti nilai-nilai demokrasi dan supremasi hukum yang mengikat AS dan Indonesia, dua negara demokrasi terbesar di dunia.

"Kami berharap dapat membangun fondasi yang kuat bersama Presiden Subianto, pemerintahannya, masyarakat sipil, dan rakyat Indonesia saat kita merayakan 75 tahun kemitraan antara kedua negara kita tahun ini," demikian pernyataan tertulis Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, seperti dikutip dari situs web Kementerian Luar Negeri AS, Senin (21/10/2024).

"Komitmen bersama kita terhadap hak asasi manusia, keberagaman, dan kemakmuran sangat penting untuk menjaga Indo-Pasifik, Kawasan, dan dunia yang bebas dan terbuka. Kami berharap dapat memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif kita dan memajukan peluang yang telah diciptakannya bagi rakyat kita."

AS mengirimkan delegasinya untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. Delegasi tersebut dipimpin oleh Utusan AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield.

Adapun delegasi AS terdiri dari Duta Besar AS untuk Republik Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir, Wakil Menteri Perdagangan AS Don Graves, Panglima Komando Indo-Pasifik Laksamana Samuel Paparo, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink, dan Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oseania, Dewan Keamanan Nasional (NSC) Mira Rapp-Hooper.

Pelantikan Prabowo berlangsung pada Minggu (20/10) di Gedung Nusantara, kompleks parlemen (MPR/DPR/DPD RI), Senayan, Jakarta. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya