8 Potret Artis dan Publik Figur di Kabinet Merah Putih, Giring hingga Taufik Hidayat

Nama-nama artis dan publik figur yang resmi jadi menteri di pemerintahan Prabowo.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 21 Okt 2024, 10:30 WIB
Taufik Hidayat. Mantan pemain bulu tangkis tunggal putra dan peraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu malam (20/10/2024). Dalam pengumuman tersebut, Prabowo didampingi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Ada 53 menteri dan kepala badan yang diumumkan, serta 56 wakil menteri yang akan membantu kinerja pemerintahan.

Sebelumnya, Prabowo sempat memanggil sejumlah artis dan publik figur dalam rangka pemilihan menteri. Nama-nama seperti Raffi Ahmad, Yovie Widianto, hingga Giring Ganesha dan Gus Miftah terlihat hadir di kediamannya. Hal ini sempat menimbulkan spekulasi mengenai siapa saja dari mereka yang akan masuk ke dalam kabinet Merah Putih.

Kini, hanya beberapa artis dan publik figur yang benar-benar resmi bergabung dalam pemerintahan. Giring Ganesha, mantan vokalis Nidji, diumumkan sebagai Wakil Menteri Kebudayaan. Sementara itu, Taufik Hidayat, mantan atlet bulutangkis, ditunjuk menjadi Wakil Menteri Olahraga, dan Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal, dilantik sebagai Menteri Agama.

Sedangkan Raffi Ahmad hingga Yovie Widianto bakal diberikan tugas khusus di masa kepemimpinan Prabowo-Gibran. Upacara pelantikan menteri, wakil menteri digelar pada Senin pagi (21/10/2024) Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang deretan artis dan publik figur masuk kabinet menteri Prabowo-Gibran, Senin (21/10/2024).


1. Giring Ganesha eks band Nidji kini resmi jadi Wakil Menteri Kebudayaan mendampingi Fadli Zon.

Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

2. Dyah Roro Esti jadi Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Budi Santoso. Dyah dikenal berkat jadi politikus muda.

Dyah Roro Esti (Instagram/@dyahroroestiwp)

3. Mantan atlet bulutangkis, Taufik Hidayat, Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga mendampingi Dito Ariotedjo.

Legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat dalam acara konferensi pers SCM sebagai pemegang hak siar Olimpiade 2024 Paris di SCTV Tower, Rabu (19/6/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

4. Meutya Hafid, mantan wartawan TV ini dipercaya Prabowo jadi Menteri Komunikasi dan Digital.

Politikus Golkar Meutya Hafid mengikuti pembekalan calon menteri Kabinet Prabowo-Gibran di Hambalang, Bogor. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

5. Isyana Bagoes Oka mantan model ini diangkat jadi Wakil Menteri Kependudukan/Wakil Kepala BKKBN mendampingi Menteri Wihaji.

Isyana Bagoes Oka. Ia adalah seorang model, pembawa acara, penyiar berita dan saat menjabat sebagai anggota dewan pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

6. Mantan istri Ahok, Veronica Tan diangkat Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA)

Veronica Tan saat diumumkan Presiden Prabowo Subianto menempati posisi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Kabinet Merah Putih.

7. Ni Luh Puspa, jurnalis TV ini juga dipercaya jadi Wamen Pariwisata.

Jurnalis Kompas TV Ni Luh Puspa hadir di Hambalang. Dia datang satu mobil dengan pengacara Otto Hasibuan dan Mantan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi).

8. Ada juga Nasaruddin Umar diangkat jadi Menteri Agama menggantikan Yaqut Cholil Qoumas.

Nasaruddin Umar. Ia adalah Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia dari tahun 2011 sampai 2014. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya