Kaesang Yakin Kabinet Prabowo Lebih Baik dari Pemerintah Sebelumnya

PSI mendapat satu jatah menteri dan dua jatah wakil menteri di kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Sekjen PSI Raja Juli Antoni dilantik menjadi Menteri Kehutanan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Okt 2024, 13:42 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep mendampingi kadernya Raja Juli Antoni menghadiri pelantikan menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep meyakini kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto akan lebih baik dibandingkan kabinet pemerintah sebelumnya. Menurut dia, kabinet Prabowo akan melanjutkan dan menyempurnakan program dari pemerintah sebelumnya.

"Kami dari PSI komitmen bekerja keras buat Kabinet Merah Putih yang di mana saya rasa akan jauh lebih baik dari kabinet sebelumnya, melanjutkan, dan menyempurnakan," kata Kaesang usai menghadiri pelantikan kabinet Merah Putih di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024).

PSI mendapat satu jatah menteri dan dua jatah wakil menteri di kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Sekjen PSI Raja Juli Antoni dilantik menjadi Menteri Kehutanan.

Sementara dua kader PSI, Giring Ganesha ditunjuk menjadi Wakil Menteri Kebudayaan dan Isyana Bagoes Oka menjadi Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Wakil Kepala BKKBN. Kaesang menyebut ketiganya merupakan kader terbaik PSI.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden yang sudah mempercayakan tiga kader terbaik dari PSI," ujar putra bungsu Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi itu.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik 48 menteri dan 5 pejabat setingkat menteri di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024). Sementara itu, wakil menteri akan dilantik pada Senin pukul 15.00 WIB.


Prabowo Lantik Luhut Jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024). Menko Luhut mengungkap mengenai masa depan PLTU Suralaya. (Arief/Liputan6.com)

Sementara itu, Presiden RI Prabowo Subianto melantik Luhut Binsar Panjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024). Pengangkatan Luhut berdasarkan keputusan presiden (keppres) Nomor 139 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

"Terhitung sejak saat pelantikan, mengangkat Jenderal TNI Purn. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional," demikian keppres yang ditandatangani Prabowo dibacakan.

Di saat bersamaan, Prabowo juga melantik 53 pejabat yang terdiri dari menteri dan kepala badan. Prabowo lalu memimpin pengucapan sumpah dan jabatan yang diikuti para pejabat yang dilantik.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap para pejabat yang dilantik di depan Prabowo.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung para pejabat.

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinet pemerintah Republik Indonesia periode 2024-2029 yang diberi nama 'Kabinet Merah Putih', Minggu 20 Oktober 2024. Para menteri akan dilantik Prabowo di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024).

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya