6 Tanda Kalau Anda Seorang Socially Inept, Punya Kesulitan dalam Bersosialisasi

Berbeda dari introvert, socially inept ini seperti socially awkward yang membuat Anda kesulitan dalam berbincang dengan orang lain.

oleh Bella Zoditama diperbarui 25 Okt 2024, 19:04 WIB
6 Tanda Kalau Anda Seorang Socially Inept, Punya Kesulitan dalam Bersosialisasi (Sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita tahu kalau sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan koneksi dan bertemu dengan orang lain. Bahkan bagi mereka yang memiliki karakter introvert sekalipun.

Namun, kita semua rasanya pasti pernah mengalami momen-momen memalukan saat berhadapan dengan seseorang. Seperti misalnya dalam pembicaraan dengan orang lain, seringkali kita salah menyebutkan sesuatu dan merasa tidak berkompeten secara sosial. 

Melansir dari Parade, Senin (21/10/2024), Dr. Joel Frank, seorang psikolog dengan Duality Psychological Services, mengatakan, "Bagi mereka yang berjuang dengan ketidakmampuan sosial, seringkali merasa seperti mereka kehilangan sasaran dalam hal isyarat sosial, komunikasi, dan membangun hubungan yang bermakna." 

Dia pun menambahkan, "Secara pengalaman, mereka mungkin merasa cemas di sebuah pertemuan, salah membaca maksud seseorang, atau merasa sulit untuk menjaga percakapan tetap mengalir."

Nah, ternyata ada istilah yang menggambarkan kondisi seseorang seperti ini. Bukan socially awkward, melainkan socially inept atau tidak cakap dalam bersosialisasi.

Sekarang, psikolog tidak menyukai label 'socially inept' dan mereka tidak ingin daftar di bawah ini digunakan untuk "mendiagnosis" seorang teman. Alasannya karena ketidakmampuan sosial bahkan bukan diagnosis.

"Menyebut seseorang tidak cakap dalam bersosialisasi adalah kritikan dan dapat menjadi penghinaan, terutama jika orang tersebut tidak menyadari kesulitan sosialnya," kata Dr. Michele Goldman, seorang psikolog dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation.

Namun, kesadaran diri akan tantangan sosial Anda adalah kunci untuk mengatasinya. Psikolog membagikan tanda-tanda bahwa Anda mungkin 'socially inept' demi kesehatan mental yang lebih baik.


1. Kesulitan memulai atau mempertahankan percakapan

Ilustrasi diskusi | Moose Photos dari Pexels

Merasa terus-menerus tidak yakin bagaimana memulai atau mempertahankan percakapan bisa jadi merupakan petunjuk bahwa Anda merasa situasi sosial sulit.

"Ini bisa berarti ada jeda canggung dalam percakapan atau jeda yang berlangsung lebih lama dari yang nyaman, atau bisa juga berarti orang tersebut menunggu untuk ditanyai pertanyaan alih-alih mengajukan pertanyaan kepada orang lain," kata Dr. Goldman.

Anda mungkin merasa kesepian atau disingkirkan, jadi mungkin ada baiknya mengetahui bahwa Anda tidak sendirian.

"Mampu mengobrol ringan atau melanjutkan percakapan bisa jadi cukup menantang dan butuh latihan," kata Dr. Goldman. "Itu bukan sesuatu yang alami bagi semua orang."

2. Menghindari kontak mata

Koneksi bukan hanya tentang kata-kata. Mata adalah jendela, tetapi Anda mungkin mencoba menyembunyikannya secara halus.

"Orang yang mengalami tantangan sosial seringkali mengalami kesulitan mempertahankan kontak mata selama percakapan atau saat bertemu orang baru," kata Dr. Scott Lyons, seorang psikolog holistik berlisensi, pendidik, dan penulis Addicted to Drama: Healing Dependency on Crisis and Chaos in Yourself.

"Hal ini bisa disebabkan oleh kecemasan, ketidaknyamanan, atau kurangnya kepercayaan diri dalam situasi sosial."


3. Tidak suka suasana diam

ilustrasi obrolan yang tidak terlalu baik (pexels/George Pak)

Meskipun beberapa jeda terasa canggung, tapi sebenarnya hal ini juga dirasa memang perlu. Namun, seseorang yang merasa situasi sosialnya menantang mungkin merasa mereka perlu lebih mampu menentukan kapan harus mengisi keheningan dan kapan harus berhenti sejenak. 

"Seorang dengan socially inept terkadang mungkin berjuang dengan keheningan yang tidak disengaja, yang bisa jadi karena orang tersebut merasa tertekan untuk berbicara," kata Dr. Cashuna (Shun) Huddleston, seorang psikolog berlisensi.

"Hal ini dapat menyebabkan perasaan yang luar biasa dan menciptakan ketidakpastian tentang apa yang harus dikatakan, jadi lebih baik diam," sambungnya.

4. Over-sharing

Meskipun berbagi sebagian diri Anda merupakan cara untuk terhubung, ada kemungkinan untuk melakukannya secara berlebihan.

"Berbagi terlalu banyak informasi pribadi terlalu cepat dapat membuat interaksi menjadi tidak nyaman," kata Dr. Frank.

"Misalnya, dalam percakapan santai di kantor, orang yang tidak cakap dalam bersosialisasi mungkin mengungkapkan detail intim tentang kehidupan pribadinya, yang membuat rekan kerja merasa tidak nyaman."


5. Social anxiety

Ilustrasi Menyendiri dan Kecemasan Credit: freepik.com

Ketidakmampuan sosial bukanlah diagnosis, tetapi kecemasan sosial adalah diagnosis.

"Mengalami kecemasan atau ketakutan yang intens dalam situasi sosial dapat mengindikasikan tantangan sosial yang mendasarinya," kata Dr. Lyons.

"Hal ini dapat terwujud sebagai keengganan untuk berinteraksi dengan orang lain, menghadiri acara sosial, atau terlibat dalam aktivitas yang menyimpang dari rutinitas Anda yang biasa."

6. Memiliki selera humor yang berbeda

"Jika Anda sering merasa bahwa orang tidak memahami lelucon atau komentar Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kesulitan untuk terhubung dengan orang lain di tingkat sosial," kata Dr. Lyons.

"Namun, penting untuk dicatat bahwa humor bersifat subjektif, dan apa yang dianggap lucu oleh satu orang mungkin tidak cocok untuk semua orang," kata Dr. Lyons.

Anda juga tidak perlu belajar untuk "menerima lelucon" jika seseorang mengatakan sesuatu yang menyinggung Anda, seperti tentang berat badan Anda atau keputusan untuk tidak memiliki anak atau memiliki anak banyak.

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya