Jabatan Seskab Setara Eselon II, Istana: Mayor Teddy Tidak Harus Mundur dari Militer

Jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab) yang diemban Mayor Teddy Indra Wijaya setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II yang berada di bawah Menteri Sekretaris Negara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Okt 2024, 18:35 WIB
Presiden Prabowo Subianto melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi, menyatakan jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab) yang diemban Mayor Teddy Indra Wijaya setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II yang berada di bawah Menteri Sekretaris Negara.

Jabatan Seskab bukan lagi setara menteri berdasarkan peraturan presiden (perpres) terbaru.

"Seskab dalam perpres terbaru ditempatkan sebagai ASN eselon II di bawah Menteri Sekretaris Negara," kata Hasan Nasbi kepada wartawan, Senin (21/12/2024).

Dengan begitu, Mayor Teddy tidak perlu mundur sebagai prajurit TNI, sebab Seskab bisa diisi oleh militer aktif. Hasan menjelaskan jabatan Seskab seperti Sekretaris Militer Presiden yang dapat diisi militer aktif.

"Tidak harus mundur dari militer. Jabatan tersebut bisa diemban oleh militer aktif. Sama seperti Sekretaris Militer Presiden, juga bisa diemban oleh militer aktif," jelas Hasan.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet di Istana Negara Jakarta, Senin (21/10/2024). Teddy diketahui merupakan ajudan Prabowo yang kerap menemani setiap kegiatan.

Pelantikan Teddy berdasarkan keputusan presiden (keppres) Nomor 143/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet. Pelantikan Teddy bersamaan dengan 55 wakil menteri dan satu Wakil Kepala Staf Kepresidenan kabinet Merah Putih.

Prabowo lalu memimpin pengucapan sumpah dan jabatan yang diikuti para pejabat yang dilantik. Mereka berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bertanggung jawab.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap para pejabat yang dilantik di depan Presiden Prabowo.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung para pejabat.

Baca juga Sah! Mayor Teddy Ajudan Prabowo Jadi Sekretaris Kabinet


Profil Mayor Teddy

Mayor Teddy, ajudan Prabowo (Sumber: Instagram/mayorteddy)

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Merah Putih. Pengumuman terhadap sosok yang akrab disapa Mayor Teddy itu disampaikan Presiden Prabowo bersamaan dengan nama-nama menteri dan wakil menteri lainnya di Istana Negara Jakarta, Minggu malam (21/10/2024).

Peran Mayor Teddy sebagai ajudan Prabowo Subianto menarik perhatian banyak orang, khususnya kaum hawa, karena parasnya yang menawan.

Teddy Indra Wijaya alias Mayor Teddy lahir pada tanggal 14 April 1989 di Manado. Dia berasal dari keluarga muslim. Kedua orangtuanya merupakan tantara yakni Kolonel Inf. (Purn) Giyono dan Mayor Caj (K) Patris R.A. Rumbayan.

Teddy menyelesaikan pendidikan tinggi di SMA Taruna Nusantara sebelum meneruskan studinya di Akademi Militer (Akmil), di mana dia lulus pada tahun 2011. Mayor Teddy juga sempat mengikuti berbagai kursus militer spesialis di Kopassus.

Dia mengikuti pelatihan di Ranger School di Amerika Serikat, sebuah program bergengsi dari Angkatan Darat AS yang bertujuan untuk melatih lulusan US Army Ranger untuk Resimen Ranger ke-75.

Pada pangkat Kapten, dia meraih tab ranger, menunjukkan keunggulannya dalam memenuhi syarat sebagai pasukan elit dari Angkatan Darat AS.

Selama di Ranger School, Mayor Teddy bergabung dengan 412 siswa dari Angkatan Darat AS dan 6 siswa internasional dari berbagai negara termasuk Ukraina, Arab Saudi, Jerman, Belanda, Kanada, dan Indonesia.

Mayor Teddy menjadi pendamping setia Prabowo. Bahkan dia dianggap layaknya anggota keluarga oleh Prabowo.

Sebelum menjadi ajudan Prabowo, Mayor Teddy lebih dulu sebagai asisten ajudan Presiden Jokowi. Sebagai ajudan Presiden Jokowi, ia bertugas selama periode awal kepemimpinan Jokowi dari tahun 2014 sampai 2019.

Baca juga Daftar Lengkap Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya