Talkshow Audio Visual and Design Integration Digelar dalam Rangkaian Indonesia Design Week 2024, Dikemas dengan Edukasi

Acara yang digagas BenQ Indonesia bersama Focal Powered by Naim Indonesia, sebuah talkshow bertajuk Audio-Visual and Design Integration, dikemas dengan edukasi dalam mengeksplorasi solusi audio dan video.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 21 Okt 2024, 23:50 WIB
Talkshow Audio-Visual and Design Integration digelar dalam rangkaian Indonesia Design Week 2024. (IST)

Liputan6.com, Jakarta Talkshow bertema “Audio Visual and Design Integration” dalam rangkaian Indonesia Design Week 2024 (IDW 2024) yang diselenggarakan oleh Indonesia Design District (IDD), baru saja digelar oleh BenQ sebagai brand proyektor DLP 4K ternama, berkolaborasi dengan Focal Powered by Naim Indonesia.

Acara talkshow ini dikemas dengan edukasi dalam mengeksplorasi solusi audio dan video yang dapat memperkaya desain di berbagai bidang, mulai dari arsitektur hingga pengalaman pengguna.

Dipandu oleh Erza selaku moderator, talkshow ini menampilkan Arsitek ternama yaitu Ren Katili yang merupakan Principal of Studio ArsitektropiS, Imelda selaku Marketing Director of Focal powered by Naim Indonesia, dan Erlina selaku Business Development Manager of BenQ Indonesia, yang masing-masing membawa pengetahuan mendalam tentang desain dan teknologi audio visual.

Talkshow "Audio-Visual and Design Integration" berfokus pada bagaimana penggabungan elemen suara, visual, dan desain dapat meningkatkan storytelling, melibatkan audiens, dan menciptakan pengalaman yang imersif. Dalam dunia yang semakin digital, pemahaman tentang integrasi ini sangat penting bagi para profesional yang ingin mendorong batasan kreativitas.

 

 


Kolaborasi yang Terjalin

Kolaborasi antara BenQ Indonesia dan Focal Powered by Naim Indonesia terjalin dengan sangat baik. MDI Audio selaku representasi dari Focal Powered by Naim Indonesia, menciptakan home cinema yang kualitasnya menyamai atau bahkan melampaui bioskop komersial.

MDI Audio juga membuka layanan konsultasi untuk penggemar audio/video dan pemasang khusus. Dengan berbagai pemasang bersertifikat untuk menguji kabel yang digunakan pada home cinema.

“Keselarasan antara audio dan desain interior merupakan kunci untuk menciptakan home cinema yang tidak hanya estetis tapi juga fungsional dan memberikan kenyamanan,” kata Imelda, Marketing Director of Focal powered by Naim Indonesia.

Sebagai salah satu pelopor bidang teknologi, BenQ dan Focal powered by Naim berkomitmen untuk terus mendorong batasan inovasi dan kreativitas. Talkshow ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam mendorong kolaborasi antara industri teknologi dan kreatif.

BenQ Indonesia dan Focal Powered by Naim Indonesia yang diwakili oleh Erlina dan Imelda menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai disiplin kreatif.

“Arsitek, Interior desainer, kontraktor, dan profesional audio harus berbagi ruang diskusi dan bekerja sama, menunjukkan bagaimana kerja tim lintas disiplin dapat menghasilkan Home Cinema room yang luar biasa,” kata Erlina, Business Development Manager of BenQ Indonesia.

 


Penggabungan Suara dan Gambar untuk Membentuk Narasi yang Harmonis

Integrasi audio-visual merujuk pada penggabungan suara dan gambar untuk membentuk narasi yang harmonis. Di era digital saat ini, keterhubungan antara desain visual dan elemen audio semakin penting.

Menggunakan elemen audio yang tepat dapat memperkuat pesan visual dan sebaliknya, menciptakan pengalaman yang lebih lengkap dan menggugah emosi.

Dalam konteks desain ruang, arsitek memiliki peran penting dalam memastikan bahwa elemen audio-visual terintegrasi dengan baik.

"Ketika merancang sebuah ruang, penting untuk mempertimbangkan bagaimana suara berinteraksi dengan elemen visual. Dengan perencanaan yang tepat, kita dapat menciptakan atmosfer yang mendukung pengalaman audio-visual yang imersif, baik itu dalam ruang home cinema maupun ruang entertainment lainnya,” kata Ren Katili, selaku Principal of Studio ArsitektropiS.

 


Solusi Home Cinema Room yang Dihadirkan di Indonesia Design Week 2024

Peserta talkshow juga dapat merasakan secara langsung demonstrasi solusi AV dari BenQ dan Focal Powered by Naim melalui booth yang dihadirkan pada Indonesia Design Week 2024 pada tanggal 10 hingga 20 Oktober 2024 di Townhall Indonesia Design District PIK 2.

Selain elemen ruang, tata letak, pengendalian cahaya, audio, dan material, proyektor mengambil peranan sangat penting untuk mendukung integrasi teknologi yang dapat menciptakan the ultimate immersive home cinema room yang diimpikan para pengguna.

 


Hadirkan Proyektor Terbaik untuk Home Cinema Room

BenQ W5800 4K home cinema projector dengan berbagai fitur dan kemudahannya hadir untuk melengkapi susunan teknologi terbaik home cinema room yang dapat memberikan kemudahan bagi arsitek ataupun interior desainer dalam proses pembuatannya. BenQ W5800 4K Home Cinema projector hadir dengan ruang warna super lebar CinematicColor 100% DCI-P3 dan 100% Rec.709 menghadirkan warna presisi untuk secara sempurna mempertahankan apa yang diimpikan sutradara. Proyektor 4K sejati ini mampu menghasilkan 8,3 juta pixel secara total. Mereproduksi gambar sesuai keinginan sang seniman. Ditambah dengan dynamic black technology yang membuat kontras gelap dan terang jadi lebih hidup.

BenQ W5800 memudahkan pengguna untuk terhubung ke semua jenis hiburan dengan port universal termasuk dual HDMI 2.0b (HDCP 2.2)*, dua USB Tipe A, SPDIF, dan eARC yang memungkinkan saluran 7.1 dan audio Dolby Atmos, mentransmisikan audio dengan resolusi asli penuh tanpa adanya perubahan ke sistem suara melalui satu kabel HDMI.

Zoom bermotor (Motorized zoom) optik 1,6x memungkinkan penyesuaian rasio proyeksi proyektor dengan mudah untuk penempatan layar yang fleksibel. Berbeda dengan zoom digital, zoom optik menjaga kualitas gambar tanpa kerusakan piksel dan latensi. BenQ W5800 menggunakan lens shift 2D (±50% vertikal dan ±21% horizontal) untuk menghasilkan gambar lurus sempurna tanpa kehilangan resolusi, memungkinkan opsi pemasangan dan penempatan yang jauh lebih fleksibel.

Sumber cahaya W5800 mampu memberikan masa pakai hingga 20.000 jam dalam mode daya Normal dan 25.000 jam masa pakai laser dalam mode ECO, sehingga menawarkan penggunaan bertahun-tahun kepada pengguna tanpa perlu khawatir mengganti bohlam.

BenQ W5800 dilengkapi dengan sistem pendingin multi-saluran dengan kebisingan rendah, yang secara efektif dapat mengurangi kebisingan ruangan dengan senyap 27dB hingga 30dB.

Dari sudut pandang audio, integrasi audio-visual bukan hanya tentang menciptakan suara yang bagus, tetapi juga tentang bagaimana suara dan gambar bekerja sama untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh.

 


Hadirkan solusi audio terbaik untuk Home Cinema room

Produk audio mereka dirancang untuk memberikan suara yang akurat dan imersif, sehingga audiens tidak hanya mendengarkan, tetapi juga merasakan cerita yang disampaikan. Kualitas suara yang tinggi dapat mengubah momen biasa menjadi pengalaman yang mendalam.

Dalam kolaborasi dengan elemen visual, kami percaya bahwa suara yang baik akan membawa nuansa yang lebih kuat, menciptakan atmosfer yang dapat menyentuh emosi dan memikat penonton.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya