Sosok Pak Bun yang Sudah 20 Tahun Jadi Penjahit Presiden Prabowo Subianto

Presiden Prabowo juga punya penjahit pribadi yang sudah membuatkan baju khusus untuknya selama 20 tahun dan mendesain baju empat kantong yang terkenal.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 22 Okt 2024, 09:30 WIB
Sosok Pak Bun yang Sudah 20 Tahun Jadi Penjahit Baju Presiden Prabowo Subianto. (Dok: TikTok @apfiyaw )

Liputan6.com, Jakarta - Publik mungkin sudah sering mengenal ajudan Presiden Prabowo Subianto yang sehari-hari mengawalnya. Tapi bukan hanya pengawal, Prabowo juga punya penjahit pribadi yang sudah membuatkan baju khusus untuknya selama 20 tahun.

"20 tahun jadi penjahit Prabowo, ikut siapkan baju untuk pelantikan presiden," tulis akun TikTok @apfiyaw yang diunggah pada 19 Oktober 2024.

Pak Bun, sosok pria tersebut ternyata sudah sejak 2004 membuatkan baju khusus untuk Prabowo. Ia juga yang mendesain baju empat kantong.

"Saku empat kan identik dengan Soekarno style, tapi beliau itu minta bisa dipakai di keseharian. Makanya aku desain itu, oh oke cocok," katanya menjelaskan.

Pak Bun juga yang membuat baju saat Prabowo dilantik menjadi presiden. Ada tiga desain yang ia buatkan seperti yang terlihat, salah satunya baju berwarna biru dongker dipakai Prabowo ketika beraama Gibran Rakabuming bertemu para pimpinan MPR RI.

Ditanya mengenai sosok Prabowo saat memilih baju, Pak Bun mengatakan bahwa pria yang dulu tergabung dalam Kopasus itu orangnya simpel. "Oh aku pengen baju ini ya udah yang penting disiapkan kan gitu, nggak bisa kita prediksi harus mau pakai ini nggak juga," ungkapnya lagi.

Video kemudian memperlihatkan beberapa desain baju harian Presiden Prabowo, seperti yang memiliki dua saku, empat saku. "Ini baju santainya ya pak, jas kasual," ungkap Pak Bun lagi. 


Tanggapan Warganet

Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai resmi dilantik menjadi presiden 2024-2029. (Tim News).

Tak cuma mendesain baju untuk Prabowo, ternyata Pak Bun ikut membuatkan para ajudan yang digunakan saat pelantikan pada 20 Oktober 2024. Konten yang disukai oleh lebih dari 261 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat banyak komentar warganet.

"pdhl anaknya sendiri desainer hebat internasional," tulis seorang warganet. "ini mah kalo cm trima orderan dr pak prabowo doang udah aman dompetnya, semoga rezekinya lancar terus ya pak bun," kata yang lain.

"abis ini pasti ada trend baju prabowo 4 kantong😁," sambung yang lain. "Terharuu😭😭😭 apapun yg berhubungan sm pak prabowo knp bikin merinding ya😭 sampe tukang jahitnya aja setia bgt ya bapak 😭😭😭😭," balas warganet.

"penjahit biasa, tempatnya sederhana,, beruntung banget pakbun dpt pelanggan seorang pak prabowo,, sehat2 pakbun," yang lain menimpali lagi.

"Pantasan selama ini mikir bajunya pak Prabowo kek ada templatenya ternyata memang ada tukang jahitnya😁," seru warganet. "Ga kebayang udah berapa tabungan dan harta Pak Bun 🤩😍 sehat2 Pak Bun ☺🙏🏻," kata warganet.


Desain Baju Prabowo Saat Masa Kampanye

Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menemani Ketum Partai Gerindra sekaligus Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto kampanye di Lampung. (Foto: Media PAN)

Mantan istri calon presiden (capres) Prabowo, sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Titiek Soeharto, punya cara berbeda untuk "berkampanye" di tengah riuh Debat Pamungkas Capres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu malam, 4 Februari 2024.

Lewat unggahan Instagram Story-nya, Minggu, ia malah berbagai tautan e-commerce, tempat para pendukung bisa membeli baju safari biru muda yang dipakai capres pasangan Gibran Rakabuming Raka tersebut saat Debat Capres 2024. Di deskripsi produknya, toko online Antonio Collection menulis, "Harga di atas sudah termasuk bordir dada kiri."

Ia juga menulis bahwa atasan itu "dipakai tim Kampanye Prabowo-Gibran 2024." "100 persen foto asli difoto owner, bukan jiplakan dan editan," tulisnya menambahkan. Selain kemeja, sebenarnya ada beberapa model baju lain yang bisa dipilih, seperti kaus dan kaus polo.

Tersedia pilihan lengan pendek dan panjang yang dijual dalam ukuran S--XXL. Kemejanya dibanderol Rp125 ribu, sedangkan produk lain  dijual seharga Rp75 ribu dan Rp85 ribu. Produk ditautan itu tercatat sudah laku 600-an potong dengan rating 4,9 dari 125 penilaian.


Jaket Varsity ala Ganjar

Hari ini, Sabtu (10/2/2024) menjadi kampanye penutup bagi peserta Pemilu 2024. (JUNI KRISWANTO/AFP)

Tak kalah menarik, busana Ganjar-Mahfud di Debat Pamungkas Capres 2024 juga telah menyedot agensi. Kekeuh memakai produk fesyen lokal, keduanya terlihat memakai sepatu rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat, MARQUE.CO.

Di unggahan Instagram-nya, Senin, 5 Februari 2024, produk itu disebut sebagai "sepatu sneakers kasual dengan model vintage modern." Sepatu uniseks dalam kombinasi warna hitam-putih dan sol cokelat ini tersedia untuk ukuran 39--46 dengan harga jual Rp395 ribu.

"Yang mau kembaran sama Pak Ganjar dan Prof. Mahfud, kalian bisa pesan sepatunya ready stock ya!" kata mereka menambahkan.

Melengkapi tampilan itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 03 ini memakai jaket varsity, juga buatan brand lokal. Melansir Antara, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud mengenakan jaket varsity sebagai wujud apresiasi pada gelombang pernyataan sikap dosen dari berbagai perguruan tinggi ternama sebagai upaya menjaga demokrasi, serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.

"Mengenakan jaket varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih pada Mas Ganjar karena pada tema debat pamungkas ini, Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita," kata Karaniya.

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya