Mengintip Inovasi AI Terbaru dari Lenovo di Tech World 2024, Ada Apa Saja?

Lenovo memperkenalkan inovasi AI terbaru di Tech World 2024, dari Lenovo AI Now hingga ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition, menghadirkan solusi AI yang lebih personal, produktif, dan aman.

oleh Yuslianson diperbarui 22 Okt 2024, 16:00 WIB
Mengintip Inovasi AI Terbaru dari Lenovo di Tech World 2024. (Doc: Lenovo)

Liputan6.com, Jakarta - Pada ajang Tech World 2024, Lenovo memperkenalkan sejumlah inovasi AI canggih diklaim akan mengubah cara orang bekerja, belajar, dan berinteraksi dengan teknologi.

Dengan tema "Smarter AI for All," perusahaan asal China ini memamerkan berbagai produk dan solusi berbasis AI dirancang untuk personalisasi, produktivitas tinggi, dan keamanan data.

Lenovo AI Now: PC yang Lebih Cerdas dan Personal

Salah satu inovasi unggulan Lenovo adalah Lenovo AI Now, sebuah agen AI dapat mengubah PC biasa menjadi perangkat pintar dipersonalisasi.

Menggunakan Large Language Model (LLM) lokal dari Meta Llama 3.1, Lenovo AI Now memungkinkan pengguna mengotomatiskan tugas sehari-hari, dari manajemen dokumen hingga pembuatan konten.

Menariknya, semua data tetap tersimpan secara lokal, meningkatkan privasi pengguna. Lenovo AI Now akan dilindungi oleh algoritma keamanan kuat.

Selain fungsi AI lokal, pengguna juga memiliki akses ke layanan berbasis cloud untuk memperluas skenario AI.

ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition: Fleksibilitas untuk Profesional

ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition. (Doc: Lenovo)

Untuk kalangan profesional, Lenovo memperkenalkan ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition. Laptop hybrid ini mendukung produktivitas kerja dengan desain fleksibel, dan teknologi AI untuk kolaborasi lebih efisien.

Dengan daya tahan baterai hingga 18 jam, laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pekerja yang selalu aktif, baik di kantor maupun saat bepergian.

Lenovo Learning Zone: AI untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Lenovo juga memamerkan Lenovo Learning Zone, platform pendidikan berbasis AI dirancang untuk memudahkan proses belajar-mengajar.

Platform ini membantu pelajar mengakses materi dengan lebih mudah dan aman, mendukung proses belajar yang lebih personal dan efisien.

Dengan inovasi-inovasi ini, Lenovo tidak hanya berfokus pada teknologi masa kini, tetapi juga membentuk masa depan kecerdasan buatan lebih cerdas, aman, dan mudah diakses oleh semua orang.


Bukti Konsep Perangkat AI Baru yang Belum Pernah Ada Sebelumnya

Lenovo Hadirkan Laptop AI Terbaru untuk Kreator dan Gamer. (Doc: Lenovo)

Lenovo AI Mouse

AI Mouse menawarkan pengalaman dipersonalisasi dengan mengintegrasikan tombol AI khusus menghubungkan pengguna dengan Lenovo AI Now. Dengan desain ramping dan asisten digital bertenaga kecerdasan buatan, mouse ini telah diujicoba dan mampu menyederhanakan alur kerja, membantu pengguna menavigasi tugas dengan lebih efisien.

Mouse ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas selama jam kerja panjang, dengan manfaat tambahan berupa konsumsi baterai diminimalkan untuk efisiensi energi optimal.

Lenovo “Home AI Brain”

Bukti konsep dengan nama kode “Home AI Brain” menyempurnakan cara keluarga berbagi kenangan dengan menggunakan AI untuk secara otomatis membuat video menghimpun momen-momen penting dari acara-acara khusus.

Konsep platform ini memungkinkan keluarga untuk mengedit dan berbagi konten dipersonalisasi diberbagai perangkat seperti tablet, PC, dan TV.

Dengan menyederhanakan pengeditan media dan sinkronisasilintas perangkat, Home AI Brain menghadirkan pengalaman kaya dan mendalam, sekaligus menjaga kenangan pribadi tetap terlindungi.

 


Lenovo AI Buddy

Lenovo AI Buddy Now. (Doc: Lenovo)

Dengan nama kode “AI Buddy”, bukti konsep ini mensimulasikan User Interface berbasis emosi untuk berinteraksi dengan pengguna secara personal, menyesuaikan respons berdasarkan permintaan dan preferensi pengguna.

Asisten digital ini menangani penjadwalan, pengingat, dan tugas sehari-hari secara efisien, menjadikannya alat produktivitas terintegrasi dengan lancar ke dalam rutinitas pengguna.

Manajemen tugas lebih aman memastikan, informasi sensitif ditangani dengan hati-hati, memberikan interaksi menyerupai manusia intuitif dan lebih aman.

 

Masih banyak lagi teknologi yang Lenovo pamerkan dalam ajang Tech World 2024 ini. Sayangnya, belum diketahuis secara pasti apakah seluruh atau beberapa perangkat tersebut akan dirilis secara global.

Banner Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya