Sandra Dewi Ngaku Terima Rp3,15 Miliar dari Pihak Helena Lim, Sebut Uang Berasal dari Harvey Moeis

Hadir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (21/10/2024) sebagai saksi, Sandra Dewi akui pernah terima Rp3,15 miliar dari kubu Helena Lim.

oleh Wayan Diananto diperbarui 22 Okt 2024, 11:30 WIB
Hadir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (21/10/2024) sebagai saksi, Sandra Dewi akui pernah terima Rp3,15 miliar dari kubu Helena Lim. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Hadir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (21/10/2024) sebagai saksi, Sandra Dewi akhirnya mengaku pernah menerima uang Rp3,15 miliar dari kubu Crazy Rich PIK Helena Lim yang kini jadi calon pesakitan.

Uang itu ditranfer dari rekening PT Quantum Skyline Exchange (QSE), tempat penukaran uang milik Helena Lim, pada 2019. Sandra Dewi mengklaim uang itu berasal dari suaminya, Harvey Moeis, yang kini jadi tersangka.

Melansir dari Antara, Senin (21/10/2024), bintang sinetron Cinta Indah dan Putri Bidadari menyebut, uang itu digunakan untuk melunasi kediamannya di The Pakubuwono House Jakarta.

“Itu uang dari suami saya untuk pelunasan rumah, berasal dari rekening dengan nama itu,” beri tahu Sandra Dewi dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Eko Aryanto.

 


Transfer Dalam 3 Tahap

Selain itu, terdapat pula beberapa pihak lain yang diuntungkan dari kasus korupsi timah sehingga merugikan keuangan negara sebesar Rp300 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sandra Dewi membeberkan uang yang diklaim dari Harvey Moeis itu ditransfer tiga kali. Tahap pertama, Rp1,05 miliar. Berikutnya, Rp1 miliar. Tahap terakhir, Rp1,1 miliar.

Transfer uang melalui rekening PT QSE ke rekening pribadinya. Sandra Dewi menggarisbawahi uang itu untuk pelunasan rumah yang diberikan Harvey Moeis. Bukan utang Helena Lim atau PT QSE.

 


Tak Ada Utang

Sandra Dewi disebut-sebut menerima uang melalui rekeningnya yang ditransfer dari rekening PT Quantum Skyline Exchange, Kristiyono, dan PT Refined Bangka Tin pada periode tahun 2018-2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

“Tidak ada utang dengan PT QSE,” kata Sandra Dewi dalam kesaksiannya terkait dugaan tindak pidana pencucian uang dalam kasus korupsi timah di wilayah izin usaha pertambangan PT Timah tahun 2015 hingga 2022.

Kasus dugaan korupsi timah menyeret Harvey Moeis suami Sandra Dewi selaku perpanjangan tangan PT Refined Bangka Tin (RBT) dan Suparta selaku Direktur Utama PT RBT.

 


Uangnya Itu Uang Dia

Dalam kasus tersebut, nama Sandra Dewi mencuat dalam dakwaan terkait aliran uang senilai Rp3,15 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diberitakan sebelumnya, Sandra Dewi bersaksi tak pernah ikut campur dalam pembelian aset sederet mobil mewah Harvey Moeis yang kini disita Kejagung RI terkait kasus korupsi timah.

Koleksi mobil mewah yang kini disita yakni Mini Cooper, Toyota Alphard Vellfire, Rolls Royce, Porsche, dan Ferrari “Untuk pembelian mobil yang membeli suami. Uangnya itu uang dia, saya tidak tahu,” ujarnya.

Infografis Deretan Barang Mewah Disita dari Harvey Moeis dan Helena Lim. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya