Sah, Dyah Roro Esti jadi Wamendag Termuda

Wakil Menteri Perdagangan periode 2019-2024 Jerry Sambuaga melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepada Wakil Menteri Perdagangan periode 2024-2029 Dyah Roro Esti di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

oleh Tira Santia diperbarui 22 Okt 2024, 11:40 WIB
Wakil Menteri Perdagangan periode 2019-2024 Jerry Sambuaga melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepada Wakil Menteri Perdagangan periode 2024-2029 Dyah Roro Esti di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan periode 2019-2024 Jerry Sambuaga melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepada Wakil Menteri Perdagangan periode 2024-2029 Dyah Roro Esti di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Dalam sambutannya, Jerry mengatakan bahwa selama menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) di kabinet Indonesia maju kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipenuhi dengan banyak dinamika suka dan duka.

Dalam kabinet tersebut terdapat tiga kali pergantian Menteri Perdagangan RI. Namun, meskipun ada penggantian Mendag, Jerry tetap menjadi Wamendag. Hal itu membuktikan bahwa ia berhasil menghadapi berbagai dinamika tersebut hingga akhir jabatannya.

"Saya ingin mengatakan banyak suka dan duka, banyak dinamika, tapi saya ingin mengatakan bahwa tiga kali menjadi Menteri, Wamennyatetap saya waktu itu," kata Jerry.

Meskipun Wamendag yang sekarang lebih muda daripada dirinya yakni berusia 31 tahun, namun Jerry meyakini sosok Dyah Roro Esti bisa menjadi Wamendag yang lebih baik dibanding dirinya. 

"Saya yakin Ibu Wamen Esti, Ibu Wamen Roro akan menjadi Wakil Menteri Perdagangan yang lebih baik dari saya. Saya yakin itu kenapa beliau ini masih muda sekarang. Saya waktu diangkat Bapak Presiden menjadi Wakil Menteri itu umur 34 tahun. Nah,  Ibu Esti ini umur 31 tahun ya, jadi ini luar biasa," ujarnya.

Menurutnya, usia muda bukan menjadi hambatan untuk berkarir di pemerintahan. Justru hal itu merupakan suatu kesempatan yang luar biasa bagi generasi muda untuk turut berkontribusi lebih besar terhadap negara.

"Terima kasih banyak Ibu Wamen. Artinya ini sesuatu yang sangat bangga dan terhormat bahwa generasi muda diberikan kesempatan untuk bisa menjadi bagian. Sesuai dengan arah Pak Menteri Perdagangan nanti akan ada banyak petugasan-petugasan Ibu Wamen dan mudah-mudahan itu pasti akan bisa dilaksanakan dengan baik," pungkasnya.


Profil Dyah Roro Esti, Wamendag Lulusan Universitas Harvard

Dyah Roro Esti Widya Putri atau yang biasa disapa Roro Esti adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan Jawa Timur X. Ia juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Prabowo Subianto memilih Dyah Roro Esti untuk mengemban jabatan sebagai Wakil Menteri Perdagangan dalam Kabinet Merah Putih pada Minggu (20/10).

Sosok Dyah Roro Esti pun menjadi sorotan, dengan latar belakangnya sebagai putri dari politikus Partai Golkar yang telah menjabat dua periode sebagai anggota DPR RI.

Melansir berbagai sumber, Senin (21/10/2024) Dyah Roro Esti Widya Putri merupakan anggota DPR kelahiran 25 Mei 1993 dari pasangan Satya Widya Yudha dan Diah Ambarsari.

Menurut laman LinkedIn-nya, Dyah sudah menempuh pendidikan hingga di tingkat S2.

Ia menempuh pendidikan tingginya di Universitas Manchester dan meraih gelar sarjana di bidang Ekonomi dan Sosiologi.

Tak hanya itu, Dyah juga menempuh pendidikan di Universitas Harvard dalam program pascasarjana, mempelajari ekonomi negara berkembang.

Ia juga merupakan lulusan Imperial College London, salah satu kampus terbaik dunia dan meraih gelar Master Teknologi Lingkungan.

Sepak terjang Dyah dalam sektor lingkungan pun tercetak salah satunya dengan menjadi Co-Founder Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) pada 2017.

 


Mantan Anggota DPR RI

Dyah Roro Esti (Instagram/@dyahroroestiwp)

Perjalanan kariernya semakin menanjak ketika ia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024, dan menempati Komisi VII di bidang industri, energi, riset, dan inovasi.

Selain itu, Dyah juga mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Dewan Pengawas Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) sejak 2021.

Adapun pengalaman lainnya sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar sejak 2019.

Infografis 56 Wakil Menteri Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya