Menteri hingga Wamen Bakal ke Akmil Magelang, Dyah Roro Esti: Tingkatkan Semangat Kerja Sama Lintas Kementerian

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti membenarkan akan ada agenda outbond yang akan diikuti para Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo.

oleh Tira Santia diperbarui 22 Okt 2024, 14:41 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Kabinet Merah Putih Dyah Roro Esti dan Wakil menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju Jerry Sambuaga. (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih akan mengikuti outbound dan pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah (Jateng). Pembekalan ini merupakan perintah dari Presiden Prabowo Subianto.

Hal tersebut dibeberkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti. Dia membenarkan akan ada agenda outbond yang akan diikuti para Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo.

Roro sendiri salah satu yang akan ikut outbound di Magelang. Tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mewujudkan semangat kerjasama lintas Kementerian di kabinet Merah Putih.

"Maka kenapa diadakannya hambalang Retreat, diadakannya nanti sesi di Magelang, itu sebetulnya untuk menimbulkan esensi semangat kerjasama lintas kementerian," kata Roro usai Sertijab di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Menurut Roro, pembekalan itu sangat penting untuk mensinergikan antar Kementerian. Ia menyebut, Kementerian Perdagangan tidak bisa berdiri sendiri untuk mengembangkan perdagangan karbon, melainkan harus bersinergi dengan KLHK dan Kementerian ESDM.

"Karena kinerja Kementerian Perdagangan tidak lepas dari misalnya, untuk karbon kan ada kaitannya dengan KLHK, Kementerian ESDM," ujarnya.

Kemudian, terkait  isu-isu lainnya yang pasti bersinggungan antara Kementerian, misalnya untuk komoditas pangan tentunya diperlukan koordinasi antara Kementerian Pertanian dengan Kementerian Pangan dan seterusnya.

"Misalnya petanian untuk pangan gitu ya, itu juga harus kolaborasi dengan Kementerian Pertanian. Ya mudah-mudahan ke depannya ada terobosan," pungkasnya.


Menteri Kabinet Prabowo Akan Outbound dan Pembekalan di Akmil Magelang Selama 3 Hari

Istri Menteri Baru Kabinet Prabowo, Kenakan Ragam Model Kebaya saat Pelantikan Suami. [@agusyudhoyono]

Menteri kabinet Presiden Terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto akan mengikuti outbound dan pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, usai resmi dilantik pada 21 Oktober 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membenarkan ada agenda outbound yang akan diikuti para menteri kabinet Prabowo di Akmil Magelang. Agus sendiri merupakan salah satu tokoh yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo.

"Sudah diumumkan bahwa akan ada kegiatan outbond atau bonding selanjutnya pembekalan. Detailnya saya belum diberi tahu," kata Agus Gumiwang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Dia belum mengetahui kapan outbound di Akmil Magelang itu dilaksanakan. Agus hanya diminta menyiapkan diri untuk mengikuti outbound serta pembekalan di Akmil Magelang.

"Detailnya saya belum tahu, tapi kami sudah diberi tahu untuk persiapan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut outboundpara menteri kabinet Prabowo akan dilakukan selama tiga hari. Rencananya, acara itu akan berlangsung dari 25-27 Oktober 2024.

"Tunggu, tunggu. Itu kalau enggak salah Jumat (25 Oktober) sampai Minggu (27 Oktober), tiga hari," tutur Budi Arie yang juga akan masuk kabinet Prabowo.


Pembekalan di Akmil Setelah Menteri Dilantik

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono membenarkan informasi yang menyebut setelah pelantikan kabinet baru Presiden terpilih Prabowo Subianto, akan melakukan pembekalan para menteri di akademi militer di Magelang, Jawa Tengah.

“Ya,” kata Sugiono di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/10/2024).

Terkait detail pembelakan, Sugiono enggan membeberkan secara spesifik. “Tunggu saja jadwalnya ya,” kata dia.

Selain itu, Sugiono menyebutkan bahwa pelantikan menteri baru di kabinet Prabowo Subianto akan berlangsung pada 21 Oktober 2024, atau satu hari setelah pelantikan Presiden dan Wakil President terpilih.

“Rencananya keesokan harinya tanggal 21 rencananya seperti itu,” kata Sugiono.

Saat ditanya apakah dirinya akan ikut menjadi bagian yang akan dilantik, Sugiono yang menjadi kandidat calon Menteri Luar Negeri ini hanya menjawab normatif. 

“Doakan saja,” kata Sugiono.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya