Kepolisian Irlandia Sita Produk Apple Palsu Senilai Rp 2,6 Miliar dari AirPods hingga Aksesoris iPhone

Deretan produk Apple palsu disita oleh Kepolisian Irlandia, produk yang disita meliputi AirPods hingga aksesoris iPhone lainnya dengan nilai Rp 2,6 miliar.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Okt 2024, 07:30 WIB
AirPods & AirPods Pro (Photo by Daniel Romero on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah produk Apple palsu dengan nilai USD 170.000 atau setara Rp 2,6 miliar disita polisi di County Mayo, sebelah barat Irlandia.

Laporan ini mengungkap kalau ada lebih dari 800 perangkat Apple palsu, termasuk di antaranya AirPods hingga aksesoris iPhone lainnya, disita di area bisnis.

Menurut stasiun radio lokal Newstalk, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Apple Insider, Selasa (22/10/2024), penyitaan produk Apple palsu ini bernilai lebih dari USD 170.000.

Produk-produk Apple palsu ini disita pada Kamis dan Jumat, 17 hingga 18 Oktober 2024. Polisi menggerebek bisnis yang berada di Castlebar, Westport, Ballinrobe, dan Claremorris.

Penggerebekan ini bersifat multioperasi dan dilakukan oleh unit kepolisian di bidang kriminal yang bertugas di Mayo, Roscommon, dan Longford.

Selain oleh polisi, investigasi ini juga dilakukan b oleh Garda National Immigration Bureau, National Bureau of Criminal Investigation Revenue, Workplace Relations Commission, dan Social Welfare Special Investigations Unit.

Juru bicara polisi memperkirakan bahwa secara keseluruhan, kejahatan kekayaan intelektual seperti produk palsu ini merugikan ekonomi Uni Eropa lebih dari 85 miliar Euro (USD 92,4 miliar) per tahun.

Sejauh ini belum ada penangkapan yang dilakukan, tetapi penyelidikan polisi sedang berlangsung. Kasus ini mengikuti kasus sebelumnya, yakni pengungkapan produk palsu serupa pada Mei lalu dengan nilai USD 750.000 dalam penggerebekan di Irlandia Utara.

 

 


Apple Pensiunkan Sejumlah Produk Apple

Apple iPhone SE 4 Render. (Dok: GizmoChina)

Sebelumnya, usai meluncurkan seri iPhone 16, Apple bersiap untuk menggelar acara besar lainnya bulan ini.

Event kali ini akan fokus pada pembaruan lini produk iPad dan Mac. Ada banyak spekulasi soal produk Apple yang kemungkinan akan dihentikan produksinya setelah event tersebut.

Produk Apple yang Mungkin Akan Dihentikan

Dikutip dari Gizchina, Selasa (8/10/2024), event ini bakal fokus ke model terbaru Mac dan iPad. Apple kemungkinan akan memperkenalkan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan prosesor generasi baru : M4, M4 Pro, dan M4 Max.

Kalau benar, MacBook Pro yang sekarang masih pakai chip M3 kemungkinan besar akan dihentikan produksinya. Kendati demikian, sejauh ini Apple belum memberi konfirmasi resmi soal itu.


Mac Mini

iPad Mini 2024 Resmi Hadir dengan Chip A17 Pro. (Doc: Apple)

Untuk Mac Mini, Apple terakhir kali memberikan update model ini awal tahun 2023 dengan prosesor M2 dan M2 Pro. Namun, kabarnya bakal ada Mac Mini terbaru yang didukung chip M4 dan M4 Pro yang diperkenalkan di event ini.

Kalau informasi tersebut benar, Mac Mini dengan chip M2 mungkin juga bakal disetop produksinya untuk memberikan jalan ke model baru.

Apple juga berencana untuk merombak iMac, menghadirkan model baru dengan prosesor M4 untuk menggantikan iMac yang saat ini masih menggunakan chip M3.

Informasi ini sesuai dengan pola Apple yang rutin meng-update lini desktop-nya agar selalu menggunakan chip buatan mereka yang terbaru.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya