7 Alasan Wanita Alpha Sulit Menemukan Pasangan yang Cocok

Jangan menurunkan standar Anda demi diterima oleh seorang laki-laki, ya, Ladies!

oleh Bella Zoditama diperbarui 24 Okt 2024, 09:03 WIB
Ilustrasi Perempuan yang Mandiri Secara Finansial Credit: pexels.com/Cecille

Liputan6.com, Jakarta Sosok alpha woman atau perempuan alfa sering kali digambarkan sebagai sosok yang kuat, percaya diri, dan mandiri. Bahkan, tidak jarang mereka bisa sukses dalam segala bidang, seperti karier, keluarga, ataupun percintaan.

Maka tidak mengherankan, dalam berbagai aspek kehidupan, sosok alpha woman juga menjadi panutan bagi banyak orang. Apalagi mereka memiliki kepribadian yang kuat, kemampuan kepemimpinan, dan ketangguhan yang cukup luar biasa. Memang, saat ini banyak wanita yang tidak takut untuk mengambil kendali dan mengejar tujuan mereka. 

Namun sayangnya, di balik sikap kemandirian, rasa percaya diri, dan ketegasan tersebut bisa membuat para pria merasa tidak nyaman. Jadi, jika ada di antara mereka yang kesulitan dalam hubungan asmara, biasanya karena banyak pria yang enggan untuk mendekat.

Menghimpun dari Relationship Rules, Selasa (22/10/2024), dalam pembahasan ini, kita akan membahas mengapa alpha woman mungkin tampak menakutkan bagi pria. Bisa jadi dikarenakan perilaku, kepribadian, dan ekspektasi hubungan mereka dapat membuat beberapa pria merasa tidak nyaman. Selain itu, dapat emengaruhi bagaimana hubungan romantis dan interaksi lainnya berlangsung.

1. Dianggap Suka Menantang Pria

Alpha woman sering kali tidak takut untuk menantang pria, baik dalam karier, keyakinan pribadi, atau keputusan sehari-hari. Padahal, mereka berjuang untuk kesetaraan dan rasa hormat, yang dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pria yang terbiasa memegang kendali.

Alasannya karena kebanyakan alpha woman mendorong pria untuk meningkatkan permainan mereka dan menghadapi mereka dengan kedudukan yang setara, yang dapat terasa mengancam bagi mereka yang lebih menyukai dinamika hubungan yang lebih tradisional.


2. Ingin Pria Bisa Membuktikan Diri Bahwa Mereka Berharga

Ilustrasi pasangan, pelukan. (Photo by Tani Eisenstein on Unsplash)

Alpha woman memiliki standar dan ekspektasi yang tinggi terhadap pasangan mereka. Mereka tertarik pada pria yang percaya diri, ambisius, dan mampu mempertahankan diri.

Hal ini dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pria yang merasa tertekan untuk terus-menerus membuktikan diri dan memenuhi ekspektasi tersebut. Alasannya karena alpha woman menginginkan pasangan yang dapat menyamai dorongan dan ambisi mereka, yang dapat menjadi tantangan bagi pria yang terbiasa menjadi orang yang memegang kendali.

3. Alpha Woman Tidak Takut Mengungkapkan Pikiran Mereka

Alpha woman blak-blakan dan tegas, tidak takut untuk menyuarakan pendapat mereka dan membela diri. Hal ini dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pria yang terbiasa dengan wanita yang lebih pasif atau menyenangkan.

Alpha woman menghargai komunikasi terbuka dan kejujuran dalam suatu hubungan, yang dapat menjadi tantangan bagi pria yang tidak terbiasa dengan keterusterangan seperti itu. Namun, hal ini juga menciptakan fondasi yang kuat untuk hubungan yang sehat dan setara.


4. Rasa Percaya Diri yang Terpancar

Ilustrasi tersenyum, tertawa, percaya diri. (Photo by Flávia Gava on Unsplash)

Alpha woman memancarkan rasa percaya diri dalam segala hal yang mereka lakukan. Mulai dari mengejar karier hingga hubungan pribadi mereka.

Hal ini dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pria yang mungkin merasa tidak aman atau tidak yakin tentang diri mereka sendiri jika dibandingkan dengan seseorang yang mereka suka. Padahal, alpha woman tahu harga diri mereka dan tidak takut untuk menunjukkannya, yang dapat menjadi hal yang menarik sekaligus menakutkan bagi pria yang tidak terbiasa dengan rasa percaya diri seperti itu.

5. Dianggap Memprioritaskan Tujuan Mereka Sendiri

Alpha woman terdorong dan fokus untuk mencapai tujuan dan aspirasi mereka sendiri. Meskipun mereka mungkin menghargai hubungan romantis, mereka tidak akan mengorbankan ambisi mereka demi pasangan.

Hal ini dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pria yang terbiasa menjadi pusat perhatian atau yang merasa terancam oleh kemandirian dan kesuksesan pasangannya.


6. Suka Menetapkan Batasan

Ilustrasi Hubungan yang Bucin Credit: pexels.com/pixabay

Alpha woman tegas tentang batasan mereka dan tidak akan ragu untuk menegakkannya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan tidak akan puas dengan apa pun yang kurang dari itu.

Hal ini dapat mengintimidasi pria yang terbiasa mampu mendorong batasan atau memanipulasi situasi demi keuntungan mereka. Alpha woman membutuhkan pasangan yang dapat menghormati batasan mereka dan berkomunikasi secara terbuka dan jujur.

7. Merasa Selalu Ingin Dihormati

Alpha woman dihormati melalui tindakan, perkataan, dan sikap mereka. Mereka ingin diperlakukan setara dan tidak akan menoleransi direndahkan atau direndahkan.

Hal ini dapat mengintimidasi pria yang terbiasa berada di posisi berwenang atau yang merasa ditantang oleh wanita yang menuntut rasa hormat dan kesetaraan dalam semua aspek kehidupan.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya