Catat Sejarah Industri Otomotif, Pabrik Suzuki di India Capai Produksi 100 Juta Unit

Perusahaan patungan antara Maruti Udyog Limited dan Suzuki, Maruti Suzuki, telah mencatat sejarah penting di industri otomotif karena telah mencapai produksi 100 juta unit kendaraan di pabrik Manesar, India.

oleh Rendy Yansah diperbarui 23 Okt 2024, 16:02 WIB
Proses produksi mobil Toyota di Karawang Plant 2 TMMIN, Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Maruti Suzuki yang merupakan perusahaan patungan antara Maruti Udyog Limited dan Suzuki, telah mencatat sejarah penting di industri otomotif. Sebab, telah sukses memproduksi 100 juta unit di pabrik Manesar, India.

Sejak didirikan pada 2006 silam, pabrik ini menjadi tempat produksi dengan perkembangan tercepat di dunia, karena mencapai keberhasilan tersebut, hanya dalam waktu 18 tahun. 

Pabrik seluas 600 hektar ini telah memproduksi sejumlah model populer seperti Brezza, Ertiga, XL6, dan Dzire. Pabrik ini juga melayani pasar domestik dan ekspor.

Jumlah keseluruhan produksi Maruti Suzuki mencapai  2,35 juta unit per tahun. Hingga kini, perusahaan patungan tersebut telah memproduksi lebih dari 31,1 juta kendaraan.

Dilansir indianautosblog, pada Selasa, (22/10/2024), Director & CEO, Maruti Suzuki India Limited, Hisashi Takeuchi, mengatakan bahwa dalam pencapaian yang diraih, ia berterima kasih kepada pelanggan setia yang telah mempercayakan pilihannya kepada Maruti Suzuki. 


Kontribusi Kesuksesan Maruti Suzuki

Selain itu, peran sejumlah pihak juga tak kalah penting dalam mendorong pertumbuhan Maruti Suzuki seperti karyawan, rekan bisnis, dan pemerintah India, yang turut mendukung hingga mencapai titik ini.  

"Saat kami mencapai tonggak penting ini, saya berterima kasih kepada pelanggan kami atas kepercayaan mereka kepada kami. Saya juga berterima kasih kepada seluruh karyawan, rekan bisnis, dan Pemerintah India atas dukungan berkelanjutan mereka," ujar Hasasi Takeuchi.  

Sementara disisi lain, Suzuki Motor Corporation telah meluncurkan SUV kompak terbarunya, Suzuki Fronx, di Jepang. Pendatang baru yang terlihat bergaya seperti mobil coupe ini, hadir sebagai SUV yang menyediakan versi 4WD.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya