Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Cocok untuk Penderita Hipertensi

Mengingat dampaknya yang serius, penanganan dan pencegahan hipertensi menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kualitas hidup.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 22 Okt 2024, 21:41 WIB
Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Cocok untuk Penderita Hipertensi/Copyright unsplash.com/Mufid Majnun

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, merupakan kondisi medis di mana tekanan dalam arteri meningkat secara abnormal.

Penyakit ini sering disebut sebagai "silent killer" karena seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas, meskipun dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Faktor penyebab hipertensi sangat beragam, mulai dari gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan tinggi garam, kurangnya aktivitas fisik, hingga faktor genetik dan stres. Dalam beberapa tahun terakhir, hipertensi semakin umum terjadi di kalangan masyarakat modern, terutama di negara-negara berkembang.

Mengingat dampaknya yang serius, penanganan dan pencegahan hipertensi menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kualitas hidup.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, berbagai metode pengobatan, baik medis maupun herbal, telah dikembangkan. Salah satu produk herbal terbaru yang menawarkan solusi adalah Jian Care Astro, yang terbuat dari bahan-bahan alami yang dikenal memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah.

Jian Care ASTRO mengandung kombinasi bahan herbal unggulan, seperti daun salam, mengkudu, seledri, dan bawang putih.

Menurut Aditia Constady, General Manager Jian Care, daun salam dan mengkudu memiliki kandungan yang terbukti efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

"Daun salam mengandung asam caffeic, yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung, sementara mengkudu mengandung senyawa yang memiliki efek vasodilator, sehingga bisa melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah," ucap Aditia, dalam keterangannya, Selasa (22/10/2024).

 


Manfaat seledri dan bawang putih

Selain itu, ia menyoroti manfaat dari seledri dan bawang putih yang juga terdapat dalam produk ini.

"Seledri kaya akan apigenin, senyawa yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Sementara itu, bawang putih, dengan kandungan allicin dan komponen sulfur lainnya, membantu memperbaiki elastisitas pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah," jelasnya.

 


Perlunya berkonsultasi ke dokter

Jian Care Astro dirancang untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita hipertensi ringan dengan dosis aman, yaitu dua kapsul dua kali sehari. Meski terbuat dari bahan-bahan alami, Aditia mengingatkan agar pengguna selalu berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan lain.

"Penggunaan herbal seperti Jian Care Astro sangat baik sebagai terapi pendukung. Namun, penting bagi pengguna untuk tidak menggantungkan pengobatan sepenuhnya pada herbal dan tetap memantau kondisi mereka secara medis," tegasnya.

Infografis tanda dan gejala hipertensi. Infographic hypertension by Freepik

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya