Intip Fasilitas Mewah Pesantren VIP Dengan Biaya Rendah

Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 menghadirkan layanan dan fasilitas pendidikan yang tak kalah dengan lembaga pendidikan yang mematok biaya dua kali lipatnya

oleh Panji Prayitno diperbarui 22 Okt 2024, 23:30 WIB
Suasana ribuan santri berkumpul di aula Pesantren VIP Bina Insan Mulia Cirebon. (ist)

Liputan6.com, Jakarta Konsultan HCM bidang soft skills dan kecerdasan hati Ubaydillah Anwar menilai ada anggapan keliru terkait tren pendidikan yang cenderung menghubungkan fasilitas mewah dengan biaya pendidikan tinggi. Padahal, banyak pilihan pendidikan yang menawarkan fasilitas serupa dengan biaya yang relatif terjangkau.

Salah satunya, kata Ubaydillah adalah Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 yang berada di Cirebon. Ia menyebutkan, pesantren tersebut menawarkan fasilitas mewah dengan biaya relatif rendah.

“Memberikan harapan bagi banyak kalangan masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa harus membayar mahal,” kata Ubaydillah di Cirebon, Selasa (22/10/2024).

Diketahui, biaya masuk Pesantrei VIP Bima 2 Cirebon sebesar Rp 24,9 juta dan biaya bulanan hanya Rp 1,7 juta. Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 menghadirkan layanan dan fasilitas pendidikan yang tak kalah dengan lembaga pendidikan yang mematok biaya dua kali lipatnya.

Menurutnya, pesantren ini tidak fokus pada mematok biaya tinggi dalam menempuh pendidikan. Sejumlah fasilitas, layanan ekslusif serta berkualitas tinggi yang menjadi fokus utama pesantren VIP.

"Itulah yang bisa dipahami kenapa Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat. Baru 3 tahun beroperasi, santrinya sudah lebih dari 1000 dari seluruh Indonesia. Bahkan menurut Tim PPDB, untuk masuk pun saat ini harus inden dulu karena peminatnya yang mengantri," ujarnya.

Para santri Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 Cirebon tinggal di rumah joglo modern berukuran 10x10 meter. Dilengkapi dengan fasilitas canggih seperti TV 70 inci, kulkas dua pintu, AC 2 PK, sambungan internet 24 jam, dan bahkan PlayStation.

Setiap joglo juga dilengkapi kamar mandi dengan standar hotel berbintang, serta tempat tidur bertingkat dengan kasur premium yang nyaman.

“Tak hanya itu, layanan harian bagi santri juga terjamin dengan makan tiga kali sehari plus camilan, layanan laundry dua kali seminggu, serta fasilitas kesehatan yang selalu tersedia,” ungkapnya.


Fasilitas Mewah

Suasana Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 Cirebon difoto dari drone. (ist)

Sementara itu, untuk fasilitas outdoor di pesantren ini menyediakan lapangan olahraga, kolam renang, ruangan untuk berbagai kegiatan bakat, dan kantin dengan berbagai menu.

Para santri juga memiliki akses ke Joglo Agung dan masjid, tempat mereka menimba ilmu agama langsung dari pengasuh pesantren. Di sana, sering digelar seminar, pelatihan, serta sesi public speaking untuk meningkatkan kemampuan santri.

"Dalam hal pembelajaran pesantren ini menerapkan kurikulum yang menggabungkan salaf, pesantren modern, dan standar sekolah internasional. Metode pembelajaran yang diterapkan di sini bahkan setara dengan standar negara maju seperti Finlandia dan Australia. Kurikulum internasional Cambridge juga menjadi bagian dari metode pengajaran. Bagi santri yang memiliki minat dalam bahasa asing, pesantren ini menyediakan native speaker untuk bahasa Inggris dan Arab,” katanya.

Kerja sama dengan Universitas Al-Azhar Mesir pun telah dijalin untuk memperkuat pendidikan agama dan bahasa di sini. Hasilnya, ratusan santri mampu menghafal Al-Qur'an dalam waktu hanya empat bulan, dan alumni angkatan pertama sudah diterima di universitas ternama, baik di dalam maupun luar negeri.

Ia melanjutkan, ekstrakurikuler di Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 juga sangat beragam. Selain musik dan olahraga, para santri dapat mengeksplorasi kemampuan di bidang robotik yang telah meraih prestasi di tingkat nasional dan ASEAN.

Dalam ajang internasional Pramuka, pesantren ini dikenal sebagai lembaga yang paling banyak mengirimkan peserta ke EURO SCETRO dan ASIA SCETRO tahun 2024.Uniknya, meski dikelilingi fasilitas modern dan mewah, Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 tetap menjaga tradisi spiritual pesantren salaf.

"Seperti Wirid “Dalailul Khairat” dan tirakat masih menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari para santri, yang setiap tahun diberikan ijazah kubro langsung oleh pengasuh pesantren. Lebih dari 30.000 peserta dari seluruh Indonesia telah mengikuti kegiatan ini," ujarnya. Ia memastikan, pesantren VIP mendapat dukungan penuh dari pengasuh dan tim untuk membantu santri dalam menentukan masa depannya. Mereka mendapatkan asistensi penuh terkait informasi dan pengurusan masuk perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, KH. Imam Jazuli, pengasuh pesantren, menjelaskan bahwa pendirian Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 adalah sebagai bentuk kontribusi untuk memberikan solusi pendidikan bagi masyarakat.

"Masyarakat berhak mendapatkan fasilitas dan layanan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya yang terjangkau," ungkapnya.

Pesantren yang berlokasi di Tegal Koneng, Cirebon ini menganut akidah Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah (NU). KH. Imam Jazuli sendiri merupakan alumnus Pesantren Lirboyo Kediri dan Universitas Al-Azhar Kairo, sebelum melanjutkan studi ke Universiti Malaya dan UKM di Malaysia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya