Resep Mentega Khrisna yang Viral dari Film Animasi, Dijamin Serupa dengan Aslinya

Mentega Khrisna meraih popularitas berkat kisah memikat dari kartun Little Krishna, yang menggambarkan Krishna kecil sebagai pecinta mentega sejati.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 23 Okt 2024, 12:34 WIB
ilustrasi butter/copyright Rawpixel

Liputan6.com, Jakarta Mentega Khrisna meraih popularitas berkat kisah memikat dari kartun Little Krishna, yang menggambarkan Krishna kecil sebagai pecinta mentega sejati. Kisah ini terinspirasi dari kebiasaan Krishna yang sering mencuri mentega dari dapur ibunya di Vrindavan.

Kini, banyak orang yang terdorong untuk 'menjadi Krishna' dengan mencoba membuat mentega yang khas ini. Proses pembuatannya pun tergolong mudah dan tidak merepotkan.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya di rumah, berikut adalah resep sederhana yang telah dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024). Kamu dapat mengikuti resep ini untuk menghasilkan mentega Khrisna yang sempurna.


Bahan-bahan

Cara membuat kopi dengan mentega. (Foto oleh Unsplash/Sorin Gheorghita)
  • 250 gram mentega tanpa garam
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 1 sendok teh bubuk cabai atau paprika (opsional, untuk rasa pedas)
  • 1 sendok makan jus lemon atau cuka
  • 1 sendok makan daun ketumbar, dicincang halus (opsional)

Cara Membuat

Gambar proses memasak santan untuk kue lapis (Sumber: Freepik/tirachardz)
  1. Ambil mentega dari kulkas dan biarkan di suhu ruangan agar melunak. Pastikan mentega benar-benar lembut sebelum dicampur dengan bahan lainnya untuk memudahkan pengadukan.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan kecil, kemudian tumis bawang putih hingga aromanya harum dan warnanya berubah menjadi kecokelatan. Jangan sampai gosong agar rasa tidak menjadi pahit.
  3. Di mangkuk besar, masukkan mentega yang sudah lunak. Tambahkan garam, bawang putih yang sudah ditumis, daun bawang, bubuk cabai atau paprika jika suka pedas, jus lemon atau cuka, dan daun ketumbar jika digunakan.
  4. Aduk semua bahan dengan spatula atau sendok hingga tercampur rata. Pastikan semua bumbu meresap ke dalam mentega dan tidak ada yang menggumpal.
  5. Setelah tercampur rata, simpan mentega dalam wadah kedap udara dan letakkan di kulkas. Biarkan selama beberapa jam hingga mentega mengeras dan bumbu lebih meresap.
  6. Mentega Khrisna siap digunakan! Kamu bisa menggunakannya sebagai olesan roti panggang, topping untuk steak, atau bumbu tambahan dalam masakan tumisan.

Rasakan kenikmatan mentega Khrisna yang creamy dan gurih ini, sempurna untuk menambah kelezatan berbagai masakanmu!

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya