9 Gaya Kebaya Wakil Menteri Perempuan saat Dilantik Prabowo, dari Veronica Tan hingga Dyah Roro Esti

Wakil Menteri Perempuan mengenakan kebaya saat dilantik oleh Prabowo, siapa saja mereka?

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Okt 2024, 13:19 WIB
Prabowo melantik Wakil Menteri Perempuan. [@veronicatan_official]

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 21 Oktober 2024, Istana Negara menjadi saksi momen bersejarah ketika Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumi Raka melantik para menteri kabinet merah putih. Tidak hanya menteri, sejumlah wakil menteri juga dilantik pada hari yang sama, menambah semaraknya suasana dengan kehadiran sembilan wakil menteri perempuan.

Kehadiran mereka dalam formasi kabinet ini tidak hanya menonjolkan peran penting perempuan dalam pemerintahan, tetapi juga menjadi ajang untuk memperlihatkan keanggunan busana tradisional Indonesia, kebaya, yang mereka kenakan. Dalam pelantikan tersebut, para wakil menteri perempuan tampil memukau dengan kebaya yang dipadukan dengan kain beragam model dan warna.

Kebaya, yang merupakan busana tradisional Indonesia, tidak hanya mencerminkan keanggunan dan keindahan, tetapi juga menjadi simbol identitas dan kekuatan perempuan Indonesia. Dari Veronica Tan hingga Dyah Roro Esti, masing-masing wakil menteri menunjukkan gaya kebaya yang unik, menggambarkan kepribadian dan selera fashion mereka yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024).


1. Veronica Tan

Prabowo melantik seorang perempuan sebagai Wakil Menteri. [@veronicatan_official]

Veronica Tan diangkat sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan akan bekerja sama dengan Arifatul Choiri Fauzi. Setelah perceraiannya dengan Ahok, Veronica mengembangkan bisnis di bidang kuliner dan jasa, serta aktif dalam kegiatan sosial.

Dalam acara pelantikan, Veronica Tan memilih mengenakan kebaya panjang dengan model kutu baru berwarna baby blue, dipadukan dengan selendang merah. Ia juga menambahkan bros di bagian depan kebaya, serta mengenakan obi biru dan bawahan kain batik berwarna putih.


2. Ribka Haluk

Wamen Ribka Haluk. [Youtube Sekneg]

Ribka Haluk telah dipilih oleh Prabowo untuk menjabat sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, mendampingi Tito Karnavian. Ribka mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi Penjabat Gubernur Papua Tengah. Selain itu, ia dikenal sebagai seorang birokrat di Indonesia.

Dalam acara pelantikannya, Ribka tampil anggun dengan mengenakan kebaya putih yang dipadukan dengan selendang dan kain bawahan berwarna merah, dihiasi motif rumah khas Papua. Bros emas juga menghiasi selendangnya.


3. Ni Luh Puspa

Ni Luh Puspa menjabat wakil menteri.

Ni Luh Puspa ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata untuk bekerja bersama Widyanti. Wanita asal Bali ini dikenal sebagai seorang pembawa berita di salah satu stasiun televisi nasional.

Bersama Grace Natalia, yang juga memiliki pengalaman sebagai pembawa berita, Ni Luh tampil dengan busana serba pink saat acara pelantikan. Ia mengenakan kebaya brokat pink model kutu baru yang dipadukan dengan sabuk pita fuschia dan bros perak. Dipadukan dengan kain songket Bali yang berwarna senada, ia tampil anggun dengan anting-anting subengnya.


4. Christina Aryani

Christina Aryani menjabat sebagai wakil menteri.

Christina Aryani ditunjuk oleh Prabowo sebagai Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran/BP2MI untuk mendampingi Abdul Kadir Karding. Dia adalah seorang politikus dari Partai Golkar dan juga menjabat sebagai anggota DPR RI.

Dalam acara pelantikannya, Christina memilih mengenakan kebaya brokat berwarna hijau zamrud yang dipadukan dengan selendang kuning dan bros emas. Ia melengkapi penampilannya dengan bawahan kain batik berwarna coklat serta perhiasan berupa kalung dan anting-anting emas.


5. Irene Umar

Irene Umar adalah wakil menteri. [Youtube Setneg]

 

Irene Umar telah diangkat menjadi Wakil Menteri Ekonomi Kreatif sekaligus Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Ia memiliki latar belakang di industri perbankan yang kemudian berkembang ke sektor ekonomi kreatif, khususnya dalam bidang game, teknologi, dan blockchain. Pada saat pelantikannya, Irene mengenakan kebaya encim berwarna putih dengan bordir biru, dipadukan dengan kain bercorak sebagai bawahan.


6. Stella Christie

Stella Christie menjabat sebagai wakil menteri.

Stella Christie akan mendampingi Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi. Stella adalah seorang akademisi di bidang ilmu kognitif dan Profesor di Tsinghua University, China. Ia menyelesaikan pendidikan di Red Cross Nordic United World College, Norwegia, meraih gelar dari Fakultas Psikologi Harvard University, dan memperoleh gelar Doktor di bidang psikologi kognitif dari Northwestern University, Amerika Serikat.

Dalam acara pelantikannya, ia tampil dengan mengenakan kebaya encim berbordir warna beige yang dipadukan dengan kain wastra nusantara sebagai bawahannya. 


7. Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagoes Oka adalah wakil menteri.

Isyana Bagoes Oka saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga bersama Wihaji. Sebelum terjun ke dunia politik dengan PSI, ia bekerja sebagai jurnalis di sebuah stasiun televisi nasional.

Dalam acara pelantikannya, Isyana tampil mengenakan kebaya merah yang dihiasi payet dan bordir. Kebaya tersebut dipadukan dengan belt dari kain songket yang dihiasi bros emas serta bawahan kain songket berwarna cerah. Ia juga memakai anting subengnya.


8. Diana Kusumastuti

Diana Kusumastuti menjabat sebagai wakil menteri.

Diana diangkat menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU). Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Cipta Karya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Pada saat pelantikan, ia mengenakan kebaya panjang berwarna navy yang dihiasi dengan bros berwarna emas, serta kalung yang melengkapi penampilannya.


9. Dyah Roro Esti

Dyah Roro Esti menjabat sebagai wakil menteri.

Dyah Roro Esti Widya Putri telah resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) dalam Kabinet Merah Putih untuk periode 2024-2029. Politikus dari partai Golkar ini dikenal sebagai wakil menteri termuda dalam kabinet Prabowo-Gibran. Lahir pada 25 Mei 1993, saat ini ia berusia 31 tahun ketika dipercaya untuk mendampingi Menteri Perdagangan Budi Santoso.

Dalam acara pelantikan, Dyah Roro mengenakan kebaya berwarna coklat dengan payet dan kancing di bagian depan. Kebaya tersebut dipadukan dengan selendang kain coklat yang dihiasi bros emas, serta kerudung putih berenda. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya