Manajer Aset Kripto Coinshares Ekspansi ke AS, Buka Kantor di New York

Coinshares telah secara aktif merekrut karyawan baru di AS untuk posisi di bidang penjualan, pemasaran, dan kepatuhan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 23 Okt 2024, 11:00 WIB
Coinshares kini akan memiliki pusat operasi di New York, yang memungkinkan perusahaan investasi aset digital tersebut untuk terlibat dengan pegiat kripto di Amerika Serikat. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer aset kripto ternama asal Eropa, Coinshares resmi ekspansi ke Amerika Serikat (AS).

Melansir News.bitcoin.com, Rabu (23/10/2024), Coinshares kini akan memiliki pusat operasi di New York, yang memungkinkan perusahaan investasi aset digital tersebut untuk terlibat dengan pegiat kripto di Amerika Serikat.

Coinshares sendiri telah secara aktif merekrut karyawan baru di AS untuk posisi di bidang penjualan, pemasaran, dan kepatuhan guna mendukung ekspansi ini. 

"Peresmian kantor kami di New York menandai momen penting dalam ekspansi Perusahaan ke pasar AS, yang menyoroti semakin pentingnya aset digital dalam ekosistem keuangan global," kata CEO Coinshares, Jean-Marie Mognetti.

"Ekspansi kami di AS tidak hanya menambah kapasitas kami untuk keterlibatan sinergis dengan para pemangku kepentingan Amerika, tetapi juga memperkuat posisi kami di garda terdepan evolusi industri aset digital," ungkapnya.

Menurut Mognetti, ekspansi perusahaan di AS menyoroti pentingnya sektor aset digital dalam keuangan global.

Kantor tersebut akan meningkatkan kemampuan Coinshares untuk melayani basis klien institusional dan ritel yang terus berkembang di AS.

Ekspansi ini menyusul akuisisi perusahaan terhadap Valkyrie Funds, manajer aset digital berbasis di AS yang dikenal dengan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang dikelola secara aktif.

Langkah ini telah memungkinkan Coinshares untuk meningkatkan aset yang dikelolanya menjadi $5,5 miliar, dengan memanfaatkan produk-produk populer Valkyrie, termasuk Coinshares Valkyrie Bitcoin Fund dan Miners ETF.

Produk-produk ini, Coinshares menjelaskan, telah berkontribusi terhadap pengaruh perusahaan kripto yang semakin berkembang di pasar AS. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 


Bakal IPO, Perusahaan Kripto Ini Pindah ke New York

Ilustrasi Kripto, Crypto atau Cryptocurrency. Foto: Freepik/Frimufilms

Circle Internet Financial, perusahaan di balik stablecoin USDC, akan memindahkan kantor pusat perusahaan globalnya dari Boston ke New York City, setelah mengajukan penawaran umum perdana AS secara rahasia awal tahun ini.

Dilansir dari Yahoo Finance, Circle berencana untuk membuka kantor pusat barunya di One World Trade Center pada awal 2025, kata perusahaan itu dalam keterangan resminya.

Kepindahan Circle ke New York City merupakan tanda lain industri mata uang kripto ingin lebih terlibat dengan keuangan tradisional. Perusahaan seperti Goldman Sachs dan BlackRock juga berkantor pusat di Big Apple.

Circle mengajukan IPO pada Januari, yang diharapkan akan terjadi setelah Securities and Exchange Commission menyelesaikan proses peninjauannya, tergantung pada pasar dan kondisi lainnya.

Mata uang kripto seperti bitcoin menjadi lebih populer karena harga token telah melonjak ke titik tertinggi baru dan karena dana yang diperdagangkan di bursa yang melacak harga mereka telah memasuki pasar AS tahun ini.

Pertumbuhan itu juga telah diterjemahkan ke dalam stablecoin, sejenis mata uang kripto yang dipatok pada aset dunia nyata, sering kali dolar AS. USDC Circle adalah stablecoin terbesar kedua di dunia dan didukung oleh uang tunai dan setara kas, termasuk obligasi Treasury jangka pendek.

Ada sekitar USD 35 miliar atau setara Rp 539 triliun (asumsi kurs Rp 15.400 per dolar AS) token USDC yang beredar, turun dari puncaknya di atas USD 56 miliar atau setara Rp 862,4 triliun pada pertengahan 2022, menurut data pelacak pasar kripto CoinGecko.

Circle telah berupaya menjadi perusahaan yang diperdagangkan secara publik selama beberapa tahun, membatalkan kesepakatan untuk go public melalui perusahaan cek kosong pada 2022. Kesepakatan itu menilai perusahaan tersebut sebesar USD 9 miliar atau setara Rp 138,6 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Terus Bertambah, Jumlah Miliarder Kripto Capai 28 Orang

Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)

Sebelumnya, menurut data Henley & Partners Crypto Wealth Report, mengungkapkan saat ini ada 28 miliarder kripto, dengan enam pendatang baru pada 2024. Lima dari enam miliarder baru pada 2024 memiliki sebagian besar aset mereka dalam bentuk Bitcoin.

Dilansir dari Coinmarketcap, Senin (21/10/2024), Selain itu ada 172.300 orang memegang 1 juta aset kripto dan terus bertambah, lonjakan besar sebesar 95 persen dari 2023.

Pemegang BTC secara khusus berkontribusi pada lonjakan jutawan kripto, dengan jutawan terkait aset tumbuh lebih dari 111 persen dalam periode yang sama menjadi 85.400. Jutawan Bitcoin sekarang mencakup hampir setengah dari jutawan kripto global.

Dalam hal pengguna, pemegang Bitcoin mencapai 275 juta, mewakili 49 persen dari total 560 juta lebih pengguna kripto. ETF dan regulasi yang bersahabat mendorong peningkatan jumlah jutawan Bitcoin.

Di AS, persetujuan terhadap 11 ETF Bitcoin spot telah membantu mendorong adopsi Bitcoin dan, sebagai tambahan, jumlah jutawan, karena beberapa investor lebih memilih dana tersebut daripada berdagang di bursa terpusat.

Sejauh ini, hampir USD 20 juta telah dikucurkan ke dalam ETF ini, yang menunjukkan minat yang semakin besar terhadap produk dan layanan spot mereka.

Negara-negara seperti Singapura dan UEA mendorong adopsi kripto dengan regulasi progresif mereka. UEA, sebagai permulaan, memberlakukan pajak keuntungan modal nol dan mengizinkan penduduk Dubai untuk memperdagangkan mata uang kripto secara langsung dengan rekening bank mereka.

 


Mantan CEO Bitmex: Bitcoin Adalah Energi yang Disimpan dalam Bentuk Digital

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, Mantan CEO Bitmex, Arthur Hayes membagikan analisis terkait dampak meningkatnya ketegangan di Timur Tengah terhadap Bitcoin dan pasar kripto yang lebih luas.

Ia memperingatkan bahwa konflik di Timur Tengah yang semakin intensif, terutama jika mengganggu infrastruktur minyak atau menyebabkan perang yang lebih luas, dapat memengaruhi pasar global secara signifikan.

"Konflik Timur Tengah yang semakin intensif tidak akan menghancurkan infrastruktur fisik penting yang mendukung kripto," ungkap Hayes, dikutip dari News.bitcoin.com, Sabtu (19/10/2024).

"Ratusan miliar atau triliunan dolar yang baru dicetak akan memberi energi kembali pada pasar Bitcoin yang sedang naik daun," bebernya.

"Bitcoin adalah energi yang disimpan dalam bentuk digital. Oleh karena itu, jika harga energi naik, Bitcoin akan lebih bernilai dalam bentuk mata uang fiat," jelasnya.

Hayes menguraikan risiko dengan fokus pada tiga area utama, yaitu kerusakan fisik, kenaikan harga energi, dan kebijakan moneter. Ia berpendapat bahwa meskipun penambangan Bitcoin mungkin terganggu di wilayah seperti Iran, hal ini akan berdampak minimal dalam jangka panjang pada jaringan.

Masalah sebenarnya, menurut Hayes, adalah bagaimana kenaikan biaya energi dapat memengaruhi pasar.

"Kita tahu bahwa perang bersifat inflasi. Kami memahami bahwa pemerintah AS harus meminjam uang untuk menjual senjata ke Israel. Kami tahu bahwa The Fed dan sistem perbankan komersial AS akan membeli utang ini dengan mencetak uang dan meningkatkan neraca mereka. Oleh karena itu, kami tahu bahwa Bitcoin akan meningkat pesat dalam mata uang fiat seiring meningkatnya perang," papar mantan eksekutif Bitmex tersebut.

 


Investor Diimbau Tetap Hati-Hati

Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)

Meskipun optimis terhadap pertumbuhan jangka panjang Bitcoin, Hayes memperingatkan bahwa pasar kripto dapat menghadapi volatilitas yang signifikan, terutama untuk mata uang kripto yang lebih kecil.

Ia menyarankan investor untuk tetap berhati-hati dan mengukur posisi mereka dengan tepat.

"Hanya karena bitcoin akan naik seiring waktu tidak berarti tidak akan ada volatilitas harga yang intens, juga tidak berarti setiap coin akan berbagi kejayaan," ujar Hayes.

Sebagai kesimpulan, Hayes tetap yakin akan ketahanan Bitcoin, terutama karena AS dan negara-negara lain terlibat dalam kebijakan moneter yang bersifat inflasi.

Ia menyarankan investor untuk bersiap menghadapi volatilitas dalam jangka pendek, terutama mengingat situasi geopolitik yang tidak menentu di Timur Tengah.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya