Mengenal Lembah Tidar, Salah Satu Lokasi Pembekalan Menteri Kabinet Prabowo

Presiden Prabowo Subianto berencana memboyong seluruh menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih ke Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah pada pada 25 Oktober hingga 27 Oktober 2024. Berikut fakta-fakta tentang Lembah Tidar.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 23 Okt 2024, 17:00 WIB
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto berencana memboyong seluruh menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih ke Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah pada pada 25 Oktober hingga 27 Oktober 2024.

Selama 3 hari 2 malam, para pembantu Presiden Prabowo itu akan mengikuti acara pembekalan. Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Prasetyo Hadi. Menurut dia, rencana itu memang sudah dijadwalkan untuk suatu acara pembekalan.

"Ada rencana, ada rencana beliau akan mengumpulkan kita kembali dalam satu kegiatan di Akademi Militer," kata Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip Senin (21/10/2024).

Dikutip dari Antara, Lembah Tidar adalah kawasan yang terletak di kaki Gunung Tidar, sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi 503 mdpl dan berada di tengah Kota Magelang, Jawa Tengah.

Lembah ini kerap menjadi lokasi pelatihan Akademi Militer (Akmil), lembaga pendidikan tinggi yang melatih calon perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Selain itu, Lembah Tidar juga dianggap memiliki nilai sejarah dan religi, bahkan disebut sebagai "Paku Tanah Jawa".

Sejarah Gunung Tidar

Gunung Tidar sendiri sering dijuliki sebagai "pusatnya Tanah Jawa" karena letaknya yang dianggap berada di tengah Pulau Jawa.

Pada masa kini, Lembah Tidar dikenal luas sebagai markas Akademi Militer (Akmil). Akademi ini pertama kali didirikan pada tahun 1945, tidak lama setelah Indonesia merdeka, dan telah menjadi institusi utama yang mendidik dan melatih para calon perwira TNI Angkatan Darat.

Lembah Tidar menjadi simbol dari ketangguhan, disiplin, dan pengabdian para calon perwira yang ditempa dengan berbagai pendidikan fisik, mental, dan intelektual.

Akmil di Lembah Tidar dikenal sebagai tempat di mana para taruna dan taruni belajar tidak hanya tentang ilmu militer, tetapi juga nilai-nilai kepemimpinan, moralitas, dan dedikasi terhadap bangsa dan negara.

Lokasi yang terpencil dan suasana alam yang mendukung menjadikan Lembah Tidar tempat yang ideal untuk pendidikan militer, di mana para peserta didik bisa fokus pada pembentukan karakter dan kemampuan taktis. Para taruna yang menempuh pendidikan di Lembah Tidar menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan fisik dan mental.

Pelatihan di Akademi Militer sangat ketat dan melibatkan berbagai kegiatan yang memacu ketahanan fisik, seperti latihan perang, strategi militer, serta kegiatan penguatan fisik lainnya.

Selain itu, pendidikan di Akmil juga mencakup pengajaran akademis seperti ilmu sosial, teknologi, dan bahasa, untuk memastikan bahwa lulusan Akmil memiliki kecerdasan yang seimbang antara ilmu militer dan ilmu pengetahuan umum.

Dalam beberapa upacara tradisional, Lembah Tidar sering digunakan sebagai lokasi untuk berbagai acara penting, seperti pelantikan taruna baru dan upacara pelepasan perwira yang telah lulus dari Akademi Militer.

Acara-acara ini sering kali dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk para petinggi TNI dan pemerintah, serta diwarnai dengan prosesi militer yang khidmat.


Menteri Kabinet Prabowo Akan Outbound dan Pembekalan di Akmil Magelang Selama 3 Hari

Prosesi pelantikan para menteri dalam Kabinet Merah Putih dilaksanakan pada Senin (21/10/2024) pagi. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Menteri kabinet Presiden Terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto akan mengikuti outbound dan pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, usai resmi dilantik pada 21 Oktober 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membenarkan ada agenda outbound yang akan diikuti para menteri kabinet Prabowo di Akmil Magelang. Agus sendiri merupakan salah satu tokoh yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo.

"Sudah diumumkan bahwa akan ada kegiatan outbond atau bonding selanjutnya pembekalan. Detailnya saya belum diberi tahu," kata Agus Gumiwang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Dia belum mengetahui kapan outbound di Akmil Magelang itu dilaksanakan. Agus hanya diminta menyiapkan diri untuk mengikuti outbound serta pembekalan di Akmil Magelang.

"Detailnya saya belum tahu, tapi kami sudah diberi tahu untuk persiapan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut outbound para menteri kabinet Prabowo akan dilakukan selama tiga hari. Rencananya, acara itu akan berlangsung dari 25-27 Oktober 2024.

"Tunggu, tunggu. Itu kalau enggak salah Jumat (25 Oktober) sampai Minggu (27 Oktober), tiga hari," tutur Budi Arie yang juga akan masuk kabinet Prabowo.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya