Akhirnya, Presiden Kamerun Paul Biya Muncul Usai Dikabarkan Meninggal

Sang presiden terakhir kali terlihat oleh publik pada September.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 23 Okt 2024, 17:06 WIB
Presiden Kamerun Paul Biya. (Dok. AP Photo/Sunday Alamba)

Liputan6.com, Yaounde - Presiden Kamerun Paul Biya (91) muncul di depan publik untuk pertama kalinya dalam enam pekan terakhir di tengah spekulasi tentang kesehatannya yang memburuk.

Ketidakhadirannya di depan publik menyebabkan rumor tentang kematiannya.

Pada Senin (21/10/2024) sore, televisi pemerintah menayangkan rekaman kedatangan Biya di bandara di ibu kota, Yaounde, dalam penerbangan dari Swiss. Pemerintah telah melarang media membahas kesehatan Biya – yang berkuasa sejak 1982 – dengan alasan hal itu merupakan masalah keamanan nasional. Demikian seperti dilansir BBC, Rabu (23/10).

Desas-desus tentang kematian Biya telah beredar selama dua dekade terakhir.

Gambar-gambar yang disiarkan pada hari Senin menunjukkan Biya mengenakan setelan jas rapi. Terakhir kali Biya terlihat pada tanggal 8 September saat menghadiri KTT China-Afrika di Beijing.

Sejak saat itu, pemerintah berada di bawah tekanan besar untuk membuktikan bahwa pemimpin yang telah lama menjabat itu masih hidup. Pejabat pemerintah Kamerun akhirnya membantah klaim bahwa dia telah meninggal, dengan mengatakan bahwa Biya dalam keadaan sehat dan sedang melakukan kunjungan pribadi ke Jenewa. Dia dikenal sering berkunjung ke kota itu.

Setelah mendarat, Biya disambut oleh pejabat negara dan anggota partai yang berkuasa.

Mobilisasi orang-orang yang tidak biasa di beberapa jalan di ibu kota menunjukkan niat yang jelas dari pemerintah adalah untuk mengakhiri spekulasi tentang kesehatannya.

Kemunculannya kembali dapat memicu seruan dari dalam partai CPDM agar dia mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan tujuh tahun pada pemilihan tahun depan.

Sementara "Manusia Singa", begitu ia dipanggil oleh para pendukungnya, belum secara terbuka menyatakan apakah dia akan mencalonkan diri, para pengkritiknya mengatakan bahwa langkah politiknya baru-baru ini menandakan upaya untuk mempererat cengkeraman partai yang berkuasa terhadap kekuasaan.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya