Samsung bakal Rilis Ponsel Layar Lipat Tiga Mirip Huawei Mate XT, Kapan?

Samsung dikabarkan siap meluncurkan ponsel Android dengan layar lipat tiga, serupa dengan HP Huawei Mate XT yang diluncurkan untuk pasar China sejak September 2024.

oleh Yuslianson diperbarui 23 Okt 2024, 19:00 WIB
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Rumor terbaru menyebutkan, Samsung bakal merilis ponsel Android dengan layar lipat tiga pada 2025, mengikuti jejak Huawei Mate XT di pasar China pada Oktober lalu.

Menurut leaker asal Korea, Samsung telah siap dengan teknologi dibutuhkan dan juga telah mengamankan rantai pasokan untuk memproduksi HP Android ini.

Namun, keputusan akhir bergantung pada Divisi MX (Mobile eXperience) yang dipimpin oleh TM Roh, apakah ponsel lipat tiga ini siap dihadirkan untuk pasar global.

Tantangan di Tengah Penurunan Permintaan Layar Lipat

Mengutip laporan leaker Korea via GSM Arena, Rabu (23/10/2024), pesanan panel OLED dapat dilipat menurun lebih dari 10 persen.

Ini karena permintaan untuk Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 tidak memenuhi ekspektasi, dan menyebabkan pengiriman panel tersebut hanya mencapai 12 juta pada 2024.

Angka ini jauh menurun dibandingkan 20 juta unit pada tahun sebelumnya.

Samsung Siap Menjadi Pemain Utama di Pasar Global

Huawei Mate XT, yang saat ini menjadi satu-satunya ponsel dengan layar lipat tiga di dunia, hanya tersedia di China.

Ini memberikan peluang besar bagi Samsung untuk menjadi pemain pertama yang memperkenalkan ponsel lipat tiga secara global.

Jika rumor terbukti benar, ponsel ini kemungkinan besar akan diluncurkan bersamaan dengan seri Galaxy Z Fold atau Z Flip pada 2025.


Ukuran Bodi Galaxy S25 Series Terungkap, Seperti Apa?

Samsung resmi mengungkap keberadaan Samsung Galaxy S24 di event Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, AS.Tiga model smartphone dirilis sekaligus, yakni Galaxy S24 yang punya layar 6,2 inci, Galaxy S24 Plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra yang memiliki layar 6,8 inci. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di sisi lain, rumor tentang HP terbaru Samsung, Galaxy S25 series, semakin beredar luas jelang peluncurannya di Galaxy Unpacked awal tahun depan.

Dengan bocoran semakin detail, Galaxy S25 Ultra diprediksi akan menjadi model flagship paling menarik milik perusahaan berbasis di Korea tersebut.

Salah satu perubahan besar dinantikan adalah desain Galaxy S25 Ultra akan memiliki sudut lebih membulat, semakin memberikan kesan premium sekaligus nyaman saat digenggam.

Bukan hanya itu, HP Galaxy S25 Ultra ini disebut-sebut akan menjadi model Ultra pertama milik Samsung mengusung layar datar penuh, mengatasi beberapa masalah pada generasi sebelumnya terkait pelindung layar.

Menurut bocoran terbaru dari Gizmochina, Selasa (22/10/2024), ketiga model Galaxy S25 series akan hadir dengan dimensi lebih tipus dibandingkan pendahulunya.

  • Galaxy S25 memiliki ukuran 146.94 x 70.46 x 7.25 mm, lebih ramping dari Galaxy S24 yang memiliki ketebalan 7.6mm.
  • Galaxy S25 Plus juga akan lebih tipis, dengan dimensi 158.44 x 75.79 x 7.35 mm.
  • Galaxy S25 Ultra, dengan ukuran 162.82 x 77.65 x 8.25 mm, akan lebih ramping dari Galaxy S24 Ultra yang berukuran 79mm.

Performa Lebih Gahar dengan Snapdragon 8 Elite

Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson

Samsung Galaxy S25 Ultra akan diperkuat chipset Snapdragon 8 Elite, diklaim memberikan peningkatkan performa signifikan, terutama dalam hal pemrosesan AI dan gaming.

Meski sebelumnya sempat beredar rumor, varian dasar dan Plus akan mengguakan Dimensity 9400 dari MediaTek, laporan terbaru menunjukkan seluruh model bakal ditenagai Snapdragon.

Dengan performa lebih bertenaga, desain premium, dan bezel lebih tipis, HP Android Galaxy S25 Ultra menjadi salah satu flagship layar dinanti tahun depan. 


Bocoran Warna Samsung Galaxy S25 Ultra

3 Cara Pakai AI untuk Edit Konten Konser Coldplay yang Cuma Bisa Kamu Lakuin di Galaxy S24 Series. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bocoran terkini datang dari HP Samsung Galaxy S25 Ultra, di mana ponsel tersebut akan hadir dalam empat pilihan warna yaitu hitam, hijau, biru, dan titanium.

Hal ini terungkap lewat cuitan Ice Universe di X. Namun, dia belum bisa memastikan apakah akan ada warna ekslusif untuk pembelian online.

"Saya belum tahu skema warna online," mengutip cuitan Ice Universe di medsos X, Senin (21/10/2024).

Walaupun Samsung belum memberikan konfirmasi resmi terkait Galaxy S25 series, bocoran render HP flagship sudah banyak tersebar di internet.

Galaxy S25 Ultra digadang-gadang tetap mengusung desain punch-hole pada layar depan, dan memiliki desain kamera belakang sedikit berbeda dari generasi sebelumnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya