7 Kota Terbaik untuk Berwisata Kuliner

Seperti diketahui, setiap kota di Indonesia memang memiliki kekayaan kuliner khasnya tersendiri. Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kota terbaik untuk berwisata kuliner

oleh Switzy Sabandar diperbarui 24 Okt 2024, 12:00 WIB
Sudirman Street (tommyantonius87/instagram.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain berburu destinasi wisata hits, salah satu aktivitas menyenangkan saat berlibur adalah berburu kuliner khas daerah tertentu. Terdapat beberapa kota di Indonesia yang sangat cocok untuk wisata kuliner.

Seperti diketahui, setiap kota di Indonesia memang memiliki kekayaan kuliner khasnya tersendiri. Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kota terbaik untuk berwisata kuliner:

1. Bandung

Memiliki julukan Kota Kuliner, Bandung menjadi salah satu kota terbaik untuk berwisata kuliner. Wisatawan bisa mencoba berbagai kulinernya, mulai dari jajanan kaki lima hinga hidangan bintang lima.

Beberapa kuliner khas Bandung bahkan telah banyak tersedia di kota-kota lain. Namun, berburu kuliner khas di kota asalnya akan menjadi pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan.

Untuk berwisata kuliner di Bandung, wisatawan bisa berjalan-jalan ke kawasan Jalan Braga atau Jalan Lengkong Kecil. Beberapa kuliner khas yang bisa dicoba adalah batagor, mie kocok, karedok, cuanki, hingga surabi.

2. Makassar

Coto makassar adalah salah satu makanan khas Makassar yang wajib dicoba saat berkunjung ke sini. Bukan itu saja, Makassar juga menawarkan berbagai kuliner unik lainnya, yakni konro bakar, pallubasa, pisang ijo, dan masih banyak lagi.

3. Manado

Manado juga menjadi pilihan tepat untuk berwisata kuliner. Mulai dari bubur manado yang bernama tinutuan, ikan cakalang, hingga ayam sambal dabu-dabu bisa dinikmati di sini

 


Medan

4. Medan

Kuliner khas Medan, seperti soto sinar pagi, sate memeng, hingga ucok durian tentu sudah tidak asing di telinga. Medan memang menjadi surganya kuliner legendaris. Wisatawan juga bisa berburu bika ambon atau bolu meranti sebagai oleh-oleh.

5. Palembang

Terkenal dengan pempeknya, Palembang juga menjadi salah satu destinasi terbaik bagi para pencinta kuliener. Selain pempek, wisatawan juga. bisa mencicipi lezat dan gurihnya mie celor, tekwan, laksa, hingga segarnya es kacang merah.

6. Surabaya

Kota Surabaya juga menawarkan pilihan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Saat berkunjung ke Surabaya, wisatawan akan disuguhi dengan beragam kuliner khas Jawa Timur, mulai dari rujak cingur, pecel semanggi, sate karak, dan masih banyak lagi.

7. Yogyakarta

Yogyakarta tak hanya memiliki daya tarik berupa deretan destinasi wisatanya. Kota Gudeg ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah karena kulinernya yang kaya.

Beberapa kuliner khas Yogyakarta menawarkan cita rasa manis. Beberapa kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba adalah gudeg, sate klathak, mi lethek, brongkos, dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Resla

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya