Mau Dapat Angka Tinggi saat Nego Gaji? Miliarder Ini Ungkap 4 Rahasianya

Seorang miliarder yang sebelumnya bekerja selama 10 tahun di bidang perekrutan dan sumber daya manusia di sektor keuangan dan teknologi, membagikan empat strategi sukses untuk negosiasi gaji.

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 25 Okt 2024, 07:00 WIB
illustrasi jutawan muda (foto: Unsplash/Austin Distel)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang jutawan yang sebelumnya bekerja selama 10 tahun di bidang perekrutan dan sumber daya manusia di sektor keuangan dan teknologi, membagikan empat strategi sukses untuk negosiasi gaji. Hal ini berdasarkan pengalamannya sebagai perekrut.

Dia melihat bahwa banyak karyawan terutama perempuan masih ragu untuk meminta kenaikan gaji. Melalui tips berikut ini, dia berharap agar lebih banyak orang bisa bernegosiasi dengan percaya diri dan mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

Berikut adalah 4 tips yang dapat dilakukan, dilansir dari CNBC pada Sabtu (25/10/2024):  

1. Negosiasi tiap Tahun 

Menurutnya, negosiasi tahunan merupakan kunci meningkatkan kekayaan.

“Bahkan jika tidak yakin akan berhasil, tetap tanyakan setiap tahun,” katanya.

Membiasakan negosiasi akan memperbesar peluang mendapatkan kenaikan dan membawamu lebih dekat dengan kebebasan finansial. 

2. Gunakan Angka Spesifik 

Salah satu kesalahan umum dalam negosiasi yakni memberikan angka yang terlalu umum. Dia menyarankan untuk selalu menyebut angka spesifik. 

“angka yang jelas menunjukkan anda sudah melakukan riset dan tahu nilai pasarmu,” jelasnya.

Perekrut cenderung lebih serius menanggapi kandidat yang meminta dengan tepat. Angka ini bisa didasarkan pada informasi dari situs kisaran gaji atau kebutuhan pribadimu. 

3. Jadikan Resume sebagai Panduan Negosiasi 

Resume yang efektif dapat menjadi alat negosiasi. Hindari resume yang panjang dan penuh basa-basi, dan fokus pada pencapaian nyata, seperti: 

  • Meningkatkan pendapatan perusahaan, 
  • Memangkas pengeluaran dengan lebih efisien, 
  • Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat daripada rekan kerja lain. 

Resume yang ringkas dan jelas memudahkan anda menjelaskan mengapa kamu layak mendapatkan gaji lebih tinggi.

Dia juga menekankan agar resume hanya terdiridari satu halaman, tak peduli seberapa lama pengalaman kerja kamu. 


4. Siapkan Keuangan yang Baik

Rahasia terbesar dalam negosiasi, menurutnya, adalah kesiapan untuk meninggalkan pekerjaan. Kamu harus tahu batas minimum yang bisa diterima, baik berdasarkan kebutuhan finansial ataupun nilai pasarmu. 

“Kebebasan finansial memungkinkan kamu menolak tawaran yang tidak memenuhi harapan,” katanya.

Dengan kondisi keuangan yang kuat, kamu bisa menunggu tawaran yang sesuai dengan kemampuan dan bakat tanpa rasa terpaksa. 

Menurut jutawan tersebut, kunci utama negosiasi yang sukses adalah keberanian untuk meminta lebih dan kesiapan untuk menolak tawaran jika diperlukan.

Dengan latihan yang konsisten, resume yang solid, dan kondisi finansial yang aman, siapa pun bisa mendapatkan gaji yang layak.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya