5 Tanda Anda Berhadapan dengan Unresolved Grief, Di Mana Ada Duka yang Belum Terselesaikan

Merasa buntu dalam proses berduka? Terapis menjelaskan apa yang harus diwaspadai dan memberikan saran tentang cara untuk terus maju.

oleh Bella Zoditama diperbarui 24 Okt 2024, 08:02 WIB
5 Tanda Anda Berhadapan dengan Unresolved Grief, Di Mana Ada Duka yang Belum Terselesaikan (Photo by Ron Lach/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Kesedihan menjadi reaksi alami dan normal saat kita mengalami kehilangan, entah mendengar berita yang buruk, bahkan terhadap kematian seseorang yang dikenal. Tentunya, semua proses berduka akan tampak berbeda bagi setiap orang yang mengalaminya secara langsung.

Namun, mengutip dari Huffpost, Rabu (23/10/2024), psikoterapis Andrea Dorn, mengatakan secara umum, periode berduka yang paling intens biasanya terjadi dalam enam bulan pertama setelah kehilangan dan berulang selama dua tahun pertama. Ia juga mencatat bahwa rentang waktu ini dapat sangat bervariasi dari orang ke orang.

Akan tetapi terkadang, periode kesedihan yang intens tidak mereda. Anda mungkin terjebak dalam kesedihan dan merasa tidak dapat melangkah maju. Ini dikenal juga sebagai "unresolved grief" yang tentunya bisa berdampak pada kesehatan mental Anda.

Nah, unresolved grief adalah jenis kesedihan di mana seseorang terus mengalami tekanan emosional, rasa sakit, dan kesedihan yang signifikan terkait dengan kehilangan, lama setelah masa berduka yang normal telah berlalu.

"Ini dapat terjadi ketika seseorang belum memiliki kesempatan untuk sepenuhnya memproses atau menerima kehilangan mereka," kata Dorn, yang juga pendiri Bloom Therapy and Wellness di Columbia, Carolina Selatan.

Dorn memberikan analogi yang menyoroti perbedaan antara kesedihan "biasa" dan unresolved grief. Bayangkan sebuah kapal yang terjebak dalam badai. Ombak mungkin menghantam dek, membuat para penumpang bingung, kewalahan dan terkuras.

"Namun, dalam kesedihan 'normal', badai akhirnya mereda, memungkinkan kapal berlayar ke perairan yang lebih tenang," kata Dorn.

Sebaliknya, unresolved grief terasa seperti terjebak di tengah badai, di mana kekacauan di sekitar Anda mungkin sedikit berkurang, tetapi rasa terjebak tetap ada. Kondisi kesedihan ini dapat menciptakan rasa kesepian dan kebingungan, sehingga sulit untuk melihat hidup Anda dengan jelas.

Di bawah ini, grief therapist berbagi seperti apa kesedihan yang belum terselesaikan sehingga Anda dapat mengidentifikasinya dan mencari dukungan yang Anda butuhkan untuk melangkah maju.


1. Merasakan Emosi yang Terus-menerus dan Intens Terhadap Kematian

Ilustrasi Perempuan Sedih/https://www.freepik.com/freepik 

Anda sering merasa terbebani oleh perasaan seperti kesedihan, kemarahan, kerinduan, atau keputusasaan yang terkait dengan kehilangan yang membuat Anda sulit untuk beraktivitas.

“Anda mungkin merasa seolah-olah terjebak dalam siklus kesedihan yang tidak dapat Anda hindari, dan mungkin berjuang untuk menemukan kegembiraan atau kesenangan dalam aspek lain dalam hidup Anda,” kata Dorn.

Fanisha Calvert, seorang terapis di Oak Brook, Illinois, yang mengkhususkan diri dalam kesedihan, mengatakan tergantung pada bagaimana orang tersebut meninggal, Anda mungkin juga mengalami perasaan malu, stigma, isolasi, atau trauma.

“Misalnya, mereka yang orang yang dicintainya meninggal karena bunuh diri harus mengatasi kehancuran emosional dan stigma yang menyertai kematian karena bunuh diri,” katanya.

Bagi sebagian orang, unresolved grief mungkin muncul sebagai peningkatan kecemasan atau agitasi, yang menyebabkan reaksi yang kuat terhadap peristiwa yang tampaknya kecil dalam hidup Anda.


2. Menghindari atau Terus Mengingat Kenangan Seseorang

Ilustrasi nostalgia, kenangan, masa lalu. (Photo by Octavio J. García N. : https://www.pexels.com/photo/woman-holding-two-photos-1538077/)

Anda mungkin menyadari bahwa Anda secara aktif menghindari tempat, hobi, atau orang lain yang mengingatkan Anda tentang orang terkasih yang telah tiada karena hal itu terlalu menyakitkan.

"Misalnya, Anda mungkin menghindari pergi ke kuburan, melihat foto-foto orang terkasih Anda, atau berpartisipasi dalam aktivitas yang dulu Anda sukai bersama," kata Dorn.

"Hal ini dapat mempersulit Anda untuk mempertahankan hubungan sosial dan terlibat dalam aktivitas yang dapat meningkatkan penyembuhan," lanjutnya.

Di sisi lain, Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus mencari kenangan tentang orang ini — dengan selalu menyentuh barang-barangnya, misalnya.

3. Terlibat dalam Perilaku yang Membuat Mati Rasa

Anda mungkin beralih ke obat-obatan, alkohol, atau makanan untuk meredakan rasa sakit emosional.

Itu dapat menyebabkan "keterlibatan dalam penyalahgunaan zat, perilaku yang merugikan diri sendiri seperti makan berlebihan atau membuat diri Anda mati rasa dengan layar atau tidur dan terkadang ide bunuh diri," kata Dorn.


4. Dihantui Pikiran Buruk Tentang Kematian Seseorang

Hindari mengingat kenangan buruk saat tidur (Ilustrasi: New Scientist)

Anda dihantui oleh pikiran yang tidak akurat atau tidak membantu tentang kematiannya.

Pikiran yang tidak akurat adalah pikiran yang tidak mencerminkan fakta seputar kematian tersebut. Itu mungkin termasuk menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang berada di luar kendali Anda.

"Misalnya, seseorang mengambil tanggung jawab penuh atas pilihan buruk yang dibuat orang lain yang mungkin berkontribusi terhadap kematian orang yang mereka cintai," kata Calvert.

Pikiran yang tidak membantu mungkin mengandung beberapa kebenaran, tetapi pikiran tersebut mengisi Anda dengan emosi negatif seperti rasa bersalah, ketidakberdayaan, dan keputusasaan, katanya.

“Misalnya, memiliki pikiran seperti, ‘Saya tidak peduli dengan apa yang terjadi pada saya di masa depan jika orang yang saya cintai tidak akan menjadi bagian darinya. Dia tidak akan pernah melihat saya lulus, jadi apa gunanya?’” kata Calvert.


5. Sulit Menerima Kenyataan Kalau Orang Tersebut Sudah Meninggal

Ilustrasi Pemakaman/Credit: pexels.com/Arina

Anda mungkin kesulitan menerima kehilangan tersebut, mengalami penyangkalan atau ketidakpercayaan atas kematian orang ini.

"Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus mencari tanda atau isyarat bahwa orang yang Anda kasihi masih hidup," kata Dorn.

"Hal ini dapat mengganggu proses berkabung dan mencegah Anda memproses emosi Anda sepenuhnya terkait dengan kehilangan tersebut," lanjutnya.

Itu tadi lima tanda-tanda jika Anda mengalami unresolved grief. Sayangnya, kondisi ini dapat membuat Anda merasa terisolasi dari orang-orang dan hal-hal yang Anda sayangi. Membangun support system yang kuat sangatlah penting, seperti keluarga, teman, kelompok yang berduka, atau komunitas spiritual atau agama Anda dapat membantu.

“Berbicara dengan orang lain yang pernah mengalami kehilangan yang sama dapat sangat membantu untuk merasa dipahami dan tidak sendirian,” kata Dorn.

Membiarkan diri Anda berduka — alih-alih menekan atau menghindari emosi yang sulit — juga merupakan bagian penting dari penyembuhan.

“Tidak apa-apa untuk mengalami berbagai emosi saat berduka, termasuk kesedihan, kemarahan, rasa bersalah, atau penyesalan,” kata Dorn.

“Biarkan diri Anda merasakan emosi-emosi ini dan akui bahwa itu adalah bagian normal dari proses berduka," tutupnya.

Menemukan cara untuk menghormati atau tetap terhubung dengan orang yang Anda kehilangan juga dapat bermanfaat.

Infografis BMKG Sebut Gempa Megathrust di Indonesia Tinggal Tunggu Waktu. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya