Legenda Roma Francesco Totti Bakal Kembali ke Serie A di Usia 48 Tahun

Legenda Roma Francesco Totti telah mengklaim bahwa tim Serie A masih memanggilnya untuk melihat apakah dia akan kembali ke sepak bola profesional

oleh Sulung Lahitani diperbarui 23 Okt 2024, 18:04 WIB
Francesco Totti resmi mengakhiri karier sebagai pesepak bola dan memulai petualangan baru sebagai Direktur AS Roma. (AS Roma)

Liputan6.com, Jakarta Legenda Roma Francesco Totti telah mengklaim bahwa tim Serie A masih memanggilnya untuk melihat apakah dia akan kembali ke sepak bola profesional, menambahkan bahwa dia pikir itu akan memakan waktu dua hingga tiga bulan pelatihan untuk kembali bermain kebugaran.

Totti yang berusia 48 tahun, pensiun dari sepak bola pada tahun 2017 setelah menghabiskan seluruh kariernya bersama Roma, bermain 786 kali dan mencetak 307 gol untuk Giallorossi.

"Ada tim Serie A yang menelepon saya. Saya mengakui bahwa mereka membuat saya berpikir sedikit, sedikit gila," kata Totti. "Ini akan sulit, tetapi dalam hidup Anda tidak pernah mengatakan tidak pernah."

"Ada pemain yang telah bermain bertahun -tahun setelah akhir karier mereka. Itu juga tergantung di mana Anda bermain, dengan segala hormat, tetapi jika saya harus kembali ke Serie A, saya harus berlatih dengan sangat baik."

Pemenang Piala Dunia 2006 mengatakan dia akan menolak untuk bermain untuk saingan Roma, Lazio jika mereka mempertaruhkan klaim atas jasanya.

"Lazio? Aku bahkan tidak akan mempertimbangkannya," katanya. "Aku akan siap dalam dua hingga tiga bulan - aku masih bermain di usia 48 tahun. Jika aku harus melakukan sesuatu yang gila, aku akan melakukannya di Italia, bukan di luar negeri, tapi itu gila."

Totti, yang mendapatkan 58 caps untuk Italia, juga mengatakan bahwa pensiun bukanlah pilihannya.

"Ketika Anda membalik halaman, Anda tidak pernah tahu apa yang menanti Anda. Itu bukan pilihan saya, tetapi pada saat itu harus dialami secara berbeda dari konteks," katanya.

"Mungkin itu juga mengapa aku memiliki benda itu di dalam diriku. Memang benar bahwa ada awal dan akhir dari segalanya. Aku tidak menginginkannya dan agar jendela itu tetap terbuka."

Roma telah mengalami awal yang sulit untuk kampanye 2023-24, memecat sesama klub Stalwart Daniele de Rossi setelah gagal memenangkan salah satu dari empat pertandingan liga pertama mereka.

Mereka berada di urutan ke -10 di klasemen, dengan Ivan Jurić telah memenangkan dua dari empat pertandingan domestiknya sejak mengambil pucuk pimpinan.


Masih Setia di Juventus, Paul Pogba Tetap Pertimbangkan Kembali ke Liga Inggris

Paul Pogba memilih meninggalkan Old Trafford setelah kontraknya habis. Ia memutuskan untuk kembali ke Juventus setelah berpisah dengan MU. Pemain berusia 29 tahun tersebut sebelumnya pernah membela Juventus selama empat tahun antara 2012 sampai 2016. Pogba kembali ke Allianz Stadium dengan status bebas transfer. Gelandang asal Prancis tersebut dikontrak jangka panjang dengan durasi selama empat tahun. (AFP/Ethan Miller)

Paul Pogba tidak menutup kemungkinan untuk kembali ke Liga Premier setelah menyelesaikan sisa hukuman larangan bermainnya akibat kasus doping.

Pemenang Piala Dunia dari Prancis tersebut awalnya dijatuhi larangan bermain selama empat tahun pada bulan Februari, yang mengancam kariernya karena ia akan berusia hampir 35 tahun saat masa larangannya tersebut berakhir.

Namun, Pogba mendapatkan penangguhan hukuman setelah larangannya dikurangi menjadi 18 bulan setelah banding yang diajukan awal bulan ini, sehingga ia dapat kembali berlatih pada bulan Januari dan bermain pada bulan Maret.

Pogba hanya tampil dalam 12 pertandingan sejak kembali ke Juventus dari Manchester United pada musim panas 2022, dan kecil kemungkinan ia akan menambah jumlah tersebut meskipun ia diizinkan untuk bermain kembali.

Pogba tampaknya tidak sesuai dengan rencana manajer baru Juventus, Thiago Motta, yang telah melakukan perubahan besar pada skuad sejak kedatangannya dari Bologna musim panas lalu.

Selengkapnya...


PSG Incar Striker Inter Milan Musim Panas Tahun Depan, Pengganti Kylian Mbappe?

Di babak pertama, Marcus Thuram membuka keunggulan Nerazzurri pada menit ke-25 dan 35. (Piero CRUCIATTI/AFP)

Klub raksasa Ligue 1 Paris Saint-Germain (PSG) dikabarkan tengah membidik striker andalan Inter Milan Marcus Thuram. Kabarnya, penyerang 27 tahun tersebut masuk ke dalam daftar target untuk bursa transfer musim panas 2025.

Dilansir dari ESPN, bintang asal Prancis tersebut dinilai sebagai salah satu pemain berbahaya di lini depan. Pada musim 2024/2025, ia telah catatkan tujuh gol dan tiga assist hanya pada kompetisi Serie A saja.

Selain itu, Thuram juga menjadi langganan starter di setiap pertandingan. Ketajamannya pun menutupi kiprah kapten Lautaro Martinez yang berkibar musim lalu.

Dengan kinerja tersebut, Thuram pun kini jadi andalan pelatih Didier Deschamps di timnas Prancis.

Dari kemampuannya sebagai ujung tombak, tidak heran PSG mengincarnya sejak lama. Sejak April 2024 lalu, Les Parisiens menargetkannya untuk menggantikan posisi Kylian Mbappe yang berlabuh ke Real Madrid.

Selengkapnya...

Asal kata kebaya dari berbagai pengaruh bangsa. (dok. Abdillah/Liputan6.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya