7 Miliar Botol Plastik Terkumpul, Krisis Polusi Plastik Masih Mengancam

Jumlah ini setara dengan 7 miliar botol plastik, yang dapat menutupi 3.354 lapangan sepak bola, dan berhasil didaur ulang sehingga tidak berakhir di lautan atau tempat pembuangan akhir (TPA).

oleh Novia Harlina diperbarui 23 Okt 2024, 23:52 WIB
Plastic Bank telah mengumpulkan 140 juta kilogram sampah plastik. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Plastic Bank telah mengumpulkan 140 juta kilogram sampah plastik dari lingkungan. Pengumpulan sampah ini memberdayakan lebih dari 50.000 anggota komunitas.

Jumlah ini setara dengan 7 miliar botol plastik, yang dapat menutupi 3.354 lapangan sepak bola, dan berhasil didaur ulang sehingga tidak berakhir di lautan atau tempat pembuangan akhir (TPA). 

Pencapaian ini bukan sekadar perayaan, tetapi merupakan panggilan untuk bangkit bersama dan bergerak lebih cepat dalam mengatasi polusi plastik.

Dengan permasalahan lingkungan yang semakin mendesak, menjalankan bisnis seperti biasa sudah tidak relevan lagi. Kesuksesan tidak lagi dapat diukur hanya dari keuntungan semata, keberhasilan juga harus disertai dampak nyata yang diciptakan demi kelestarian planet bumi dan kesejahteraan masyarakat.

Di balik volume plastik terbesar yang dikumpulkan secara manual di dunia ini, terdapat 500 perusahaan yang berani melakukan kontribusi nyata, bukan hanya sekadar memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan.

Perusahaan-perusahaan tersebut memilih untuk menjadi pelopor dan teladan dalam mendefinisikan kembali kesuksesan yang dapat dicapai dengan menyelaraskan keuntungan finansial dan keberlanjutan.

"Kita harus berhenti menunggu orang lain untuk menyelamatkan kita," kata David Katz, Pendiri dan CEO Plastic Bank.

Menurutnya 140 juta kilogram plastik adalah jumlah yang sangat besar, tetapi juga hanya tetesan kecil di lautan. Yang kita butuhkan adalah perubahan radikal. Sekarang bukan saatnya melakukan inisiatif di permukaan tanpa membawa perubahan nyata.

Ia menyebut perubahan ini membutuhkan keterlibatan kita semua. Apa yang menghalangi Anda atau perusahaan Anda untuk bergabung dalam gerakan ini dan menjadi bagian dari solusi? Kita semua terlibat, dan apa yang kita putuskan dan lakukan saat ini akan membentuk masa depan umat manusia dan planet kita.

"Melakukan bisnis seperti biasa terbukti gagal jika dibandingkan dengan bisnis berkelanjutan untuk kebaikan. Plastic Bank’s Impact Membership menawarkan cara praktis bagi perusahaan untuk berkontribusi langsung dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sambil memperkuat nilai perusahaan dan loyalitas pelanggan yang menuntut aksi nyata menuju keberlanjutan, bukan sekadar janji kosong," jelasnya.

Sekarang adalah waktunya bagi perusahaan untuk keluar dari tindakan simbolis dan melakukan kontribusi nyata untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat yang dapat diukur. Bergabunglah dengan gerakan ini hari ini untuk melawan polusi plastik dan kemiskinan. Anda dapat mulai berkontribusi dengan mengumpulkan 100 botol plastik pertama secara gratis di sini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya