Istana: Pembekalan Menteri di Akmil Bukan Ospek atau Militerisme

Hasan menjelaskan pembekalan menteri Prabowo-Gibran dilakukan di Magelang karena kota itu memiliki simbol perjuangan dan heroisme.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Okt 2024, 20:41 WIB
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi menyebut pembekalan para menteri dan wakil menteri di Akademi Militer (Akmil) Magelang bukan ospek atau militerisme. Menurut dia, pembekalan di Magelang bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan dan keguyuban Kabinet Merah Putih.

"Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa besok akan ada kegiatan di Magelang untuk menggembleng para menteri. Tapi beliau bilang tidak usah takut, ini bukan ospek atau militerisme," kata Hasan Nasbi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024).

"Ini untuk kebersamaan, keguyuban, untuk melakukan team building dan untuk melakukan koordinasi-koordinasi antarkementerian dan lembaga," sambung dia.

Hasan menjelaskan pembekalan dilakukan di Magelang karena kota itu memiliki simbol perjuangan dan heroisme. Presiden RI Prabowo Subianto ingin membentuk kabinet yang patriotik.

"Oleh karena itu, memang kabinetnya dinamakan sebagai Kabinet Merah Putih. Karena patriotisme harus menjadi inti dari perjuangan kabinet ini," jelas dia.

Dalam pembekalan ini, para menteri diberikan seragam yang akan digunakan untuk kegiatan gerak badan. Hasan menyebut seragam ini untuk menujukkan kekompakan para menteri kabinet.

"Kita ada seragam buat gerak badan, untuk belajar gerak badan biar hangat. Ada seragamnya, buat kekompakan, jadi seragam buat kekompakan itu juga penting," tutur Hasan.

Adapun para menteri dan wakil menteri akan berangkat ke Magelang dengan pesawat TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2024. Wapres Gibran Rakabuming Raka juga akan hadir pada pembekalan di Akmil Magelang.

"Para menteri dan wakil nenteri akan, kira-kira siang besok setelah zuhur. Pak Wapres akan hadir juga di Magelang nanti. Jadi ini komplit, seperti rapat kabinet ini bahkan lebih komplit lagi karena ada juga wakil menteri-wakil menteri," ujar dia.


AHY Bakal Bernostalgia Saat Prabowo Beri Pembekalan Menteri di Akmil Magelang

Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Kementerian Transmigrasi. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku bakal bernostalgia saat pembekalan menteri Kabinet Merah Putih di Lembah Tidar, Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.

AHY memastikan, kegiatan tersebut bakal mengesankan sekaligus menjadi ajang nostalgia secara pribadi sebagai mantan taruna Akmil.

"Saya rasakan menjadi kegiatan yang sangat memorable mengesankan kalau boleh kami yang pernah dididik di sana juga akan menjadi mengingat masa-masa saat menjadi Taruna," kata AHY di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Soal kegiatan pembekalan menteri yang akan dilakukan selama di sana, AHY mengaku belum mengetahui secara detail. Namun dia menduga akan ada pembinaan karakter dan kebersamaan dalam membangun visi bersama sebagai menteri di Kabinet Merah Putih.

AHY berharap, kegiatan di Lembah Tidar yang direncanakan 24-27 Oktober nanti dapat menggugah jiwa dan semangat patriotisme seperti yang ditanamkan di Akademi Militer kepada para tarunanya.

"Saya menduganya akan dijadikan salah satu event untuk membangun kebersamaan dan karakter, kita diharapkan bisa menjadi pemimpin-pemimpin yang baik di tiap kementerian lembaga," tandas AHY.

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya