Sempat Ingin Menyerah, Sean Nicholas Anak Ahok dan Veronica Tan Akhirnya Jadi Dokter

Kesulitan yang dialami selaman pendidikan kedokteran membuat Sean Nicholas hampir ingin menyerah dalam meraih titel dokter. Lalu, apa yang membuatnya kembali bangkit?

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Okt 2024, 09:45 WIB
Titel dokter diperoleh Sean Nicholas anak Ahok lewat proses jatuh bangun selama delapan tahun di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). (Foto: Instagram nachoseans)

Liputan6.com, Jakarta Anak sulung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Veronica Tan yakni Nicholas Sean Purnama atau Sean Nicholas kemarin Rabu, 23 Oktober 2024 menjalani sumpah dokter. Sean pun resmi menjadi dokter. Sean pun bangga akhirnya bisa menjadi dokter seperti yang diinginkan sang ayah.

"Butuh waktu 8 tahun untuk akhirnya bisa mewujudkan cita-cita Papa anaknya ada yang menjadi Dokter," tulis Sean di akun Instagram pribadinya @nachoseann.

Bagi pria 26 tahun ini, perjalanan delapan tahun menuju titel dokter ini tidak mudah. Di tengah perjalanan ia sempat ingin menyerah untuk bisa menyelesaikan pendidikan dokter yang ia tempuh di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta.

"Beberapa tahun yang lalu saya ingin menyerah, karena jalan yang dilalui sungguh sulit," curhat Sean.

Kemudian Sean menceritakan kesulitan yang dialami ke sang ayah. Saat itu, Ahok pun sempat menyerahkan keputusan kepada putranya, termasuk mengizinkan Sean untuk tidak melanjukan koas. Koas adalah tahapan ketika seorang telah menyelesaikan studi kedokteran kemudian turun langsung menangani pasien di bawah bimbingan konsulen rumah sakit.

"Saya cerita ke Papa, dia tidak memaksa saya untuk terus melanjutkan Koas dan menyerahkan keputusan mengenai hidup saya kepada saya sendiri dan dia tetap akan mendukung apapun keputusan yang saya ambil," katanya.

 


Titik Balik Sean

Anak sulung Ahok dengan Veronica Tan, Sean Nicholas resmi jadi dokter. (Instagram nachoseann)

Kondisi sulit bahkan sempat ingin menyerah menjadi dokter ternyata menjadi titik balik seorang Sean Nicholas. Dari situ, ia terpacu untuk bisa mengakhiri hal yang sudah ia mulai.

"Ini menjadi titik balik saya untuk tetap berusaha, bukan demi orang lain. Tapi demi membuktikan kepada diri sendiri bahwa saya bisa menyelesaikan apa yang saya mulai," tuturnya.


Ucapkan Terima Kasih ke Veronica Tan

Veronica Tan. (dok. Instagram @veronicatan_official/https://www.instagram.com/p/C66HF97gQGY/?hl=en&img_index=1/Dinny Mutiah)

Dalam unggahan tersebut Sean juga menyebutkan rasa terima kasih kepada sang ibu, Veronica Tan. Tak ketinggalan keluarganya yang telah mendukung dirinya menjadi dokter

"Terima kasih juga untuk Mama, Popo, adik-adik saya tersayang dan semua pihak yang membantu saya hingga bisa menjadi Dokter. Jasa kalian tidak akan saya lupakan," tulisnya.

 


Tahapan Menjadi Dokter

Dokter Foto: Freepik.

Untuk menjadi seorang dokter ada beberapa tahapan yang harus dilalui:

- Pendidikan Kedokteran 

Seorang mahasiswa fakultas kedokteran menempuh pendidikan kedokteran sekitar empat tahun. Lalu, ada tugas akhir untuk menjadi syarat kelulusan dan menjadi sarjana kedokteran atau S.Ked.

- Koas

Selanjutnya harus menjalani tahap Pendidikan Profesi atau menjadi co-ass (co-assistant). Koas dilaksanakan di rumah sakit dalam kurun waktu 1,5 tahun hingga 2 tahun.

Wewenang koas dalam menjalankan praktik di rumah sakit sangat terbatas di mana koas hanya boleh melakukan tindakan medis di bawah bimbingan dan arahan dari dokter pembimbing (supervisor).

- Ujian Kompetensi Dokter Indonesia

Setelah menjalani kuliah kedokteran dan koas, maka tahap selanjutnya adalah mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh instansi terkait, salah satunya adalah Kemristekdikti. Ujian ini bertujuan untuk memperoleh SKD atau Sertifikasi Kompetensi Dokter. Calon dokter yang lulus ujian sertifikasi akan kembali diwisuda dan diambil Sumpah Dokternya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya